Rabu, 22 April 2015

Manfaat daun Kemangi bagi kesehatan

Berbicara tentang manfaat daun kemangi, umumnya daun ini digunakan sebagai pelengkap lalapan. Sebagai tambahan, ternyata daun kemangi juga bisa menjadi pelengkap sumber makanan yang menyehatkan. Ya, daun kemangi memang memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan Anda. Jika Anda belum tahu mengenai hal ini, sekarang Anda akan tahu sesudah membaca artikel ini secara keseluruhan. Banyak orang yang belum sadar akan manfaat dari daun kemangi ini, biasanya mereka berpikir bahwa kemangi merupakan bagian dari sayur lalapan saja. Mari baca selengkapnya.


Sekilas tentang daun kemangi
Seperti yang sama-sama kita mengerti bahwa di negara Indonesia ini, merupakan negara yang memiliki tanah subur. Jadi banyak jenis tanaman yang dapat tumbuh di atasnya, apalagi negara Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, ini tentu juga sangat mendukung. Anda dapat menemukan bervariasi jenis tanaman obat yang tumbuh di Indonesia. Daun kemangi ini juga merupakan tanaman obat tersebut, dan merupakan tanaman obat herbal yang khas negara Indonesia. Anda tak akan menemukan daun kemangi dengan mudah di negara lain.

Jika dalam pelengkap lalapan, daun kemangi biasa digunakan karena aromanya yang harum dan rasanya yang enak. Di dunia medis, kemangi ini dimanfaatkan sebagai pembuatan obat herbal, banyak macam penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan bantuan daun kemangi ini.

Manfaat daun kemangi dalam dunia kesehatan


Manfaat dari daun kemangi di dunia kesehatan bisa Anda baca di bawah ini:

1. Menyembuhkan meriang dan demam
Manfaat pertama dari daun kemangi adalah untuk menyembuhkan meriang dan demam. Daun kemangi juga bisa membantu menyembuhkan sakit demam yang disebabkan oleh malaria. Di kasus demam tinggi, Anda bisa memakai daun kemangi plus bubuk kapu laga, rebus dengan ½ liter air, lalu kombinasikan dengan susu atau bisa juga dengan gula.

2. Pemulihan kondisi kesehatan tubuh
Manfaat kedua dari daun kemangi adalah untuk pemulihan kondisi dari kesehatan tubuh Anda, khususnya sesudah sakit. Selain itu daun kemangi juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan perut Anda.

3. Sakit tenggorokan
Manfaat ketiga dari daun kemangi adalah untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Jika mau menyembuhkan sakit ini menggunakan daun kemangi, Anda dapat merebus beberapa daun kemangi. Kemudian, Anda dapat memakainya sebagai obat kumur, kumurlah sebanyak 2x per hari, lakukan rutin hingga sakit tenggorokan Anda semakin berkurang dan sembuh. Mungkin ini memang akan memakan waktu, tetapi Anda harus bersabar, karena cara alami memang memakan waktu yang cukup lama.

4. Kesehatan mata
Manfaat keempat terkait dengan kesehatan mata. Daun kemangi bisa dijadikan obat yang manjur dalam menyembuhkan sakit mata yang Anda alami. Khususnya sakit mata karena kekurangan vitamin A. Jika Anda mau mendapatkan khasiat daun kemangi bagi mata Anda, maka Anda dapat mengolahnya dengan cara ini: Makan daun kemangi mentah yang sudah dibersihkan bersama dengan nasi putih. Anda pun bisa membuat jus dengan bahan daun kemangi, namun mungkin ini kurang enak Cuma merupakan cara yang efektif juga untuk mengkonsumsinya dengan cepat.

Jika berbicara tentang ini, mungkin Anda juga tetap akan butuh konsumsi wortel. Karena walaupun daun kemangi mengandung vitamin A, tetapi kandungannya tidak sebanyak wortel. Jadi Anda tetap harus konsumsi wortel agar kebutuhan mata akan vitamin A tetap tercukupi selalu.

Demikianlah informasi mengenai manfaat daun kemangi bagi kesehatan, semoga berguna.