Rabu, 15 April 2015

Cara termudah mengobati Hidung Tersumbat

Cara termudah mengobati Hidung Tersumbat - Jika hidung Anda sering tersumbat, itu harus segera Anda obati. Sebagian besar orang-orang pasti sudah pernah mengalami masalah yang namanya hidung tersumbat ini. Entah itu orang dewasa maupun bayi sama-sama memiliki kemungkinan terkena gangguan hidung tersumbat. Gangguan ini memang tak memilih. Masalah ini tentu saja bisa mengganggu aktivitas keseharian Anda, khususnya ketika mau tidur, Anda akan sulit tidur karena bernafas menjadi sulit. Mari baca selengkapnya.


Hidung yang sering mengalami gangguan tersumbat terus bisa terjadi ke satu dari rongga hidung atau keduanya sekaligus. Umumnya yang terjadi hanya di hidung sebelah, jadi walaupun kesulitan bernafas tetapi Anda tetap bisa bernafas. Penyebab dari gangguan ini harus Anda cari, apalagi jika Anda sudah terlalu sering mengalami hidung tersumbat. Gejala-gejala apa saja dari hidung tersumbat juga perlu untuk Anda mengerti.

Radang hidung

Sumber pertama terjadinya gangguan hidung tersumbat bisa diakibatkan oleh radang hidung. Radang hidung sendiri dibagi ke dalam 2 macam, yakni radang yang terjadi karena masalah infeksi. Infeksi ini bisa diakibatkan beberapa hal, sebagai contohnya virus dan jamur. Untuk jenis radang yang ke dua, disebabkan karena non infeksi. Untuk type radang yang ini, bisa diakibatkan karena ketidakseimbangan pada saraf rongga hidung, dikenal juga dengan rintis vasomotor, namun juga dapat diakibatkan oleh alergi.

Tonsilitis (Amandel), sinusitis (Radang di sinus), serta adenoiditis (Adenoid) juga merupakan contoh lain sumber penyebab gangguan hidung tersumbat. Untuk diketahui bahwa lokasi radang berbeda itu mengakibatkan keluhan berbeda pada tiap-tiap orang. Jadi, walaupun lokasinya berbeda, bisa jadi diakibatkan oleh radang tersebut, bukan penyakit lain.

Hidung tersumbat untuk jangka waktu cukup lama

Jika Anda mengalami masalah gangguan hidung yang tersumbat, apalagi dalam jangka waktu cukup lama, itu bisa dikarenakan beberapa hal ini: Rinitis alergi, alergi serbuk sari, paparan zat kimia, sakit kepala cluster, sinusitis kronis, polip hidung, septum menyimpang, tumor, dan juga kelainan anatomi. Kelainan anatomi ini contohnya disebabkan karena sekat hidung yang patah, operasi plastik yang memiliki efek perubahan di sekat hidung (Yang menjadi berlubang), kecelakaan yang mengakibatkan tulang hidung patah, rongga hidung yang terlalu sempit ataupun lebar, juga beragam kelainan anatomi yang lain. Tak akan kita sebutkan semuanya, namun rata-rata yang ditulis di atas merupakan penyebab yang sering terjadi.

Metode menyembuhkan hidung yang tersumbat terus-menerus


1. Membuang ingus jangan terlalu keras
Yang pertama adalah membuang ingus jangan terlalu keras. Hidung tersumbat yang diakibatkan flu serta memerlukan pembuangan ingus merupakan kondisi yang terkait dengan ini. Anda memang boleh membuang ingus, tetapi ketika melakukannya lakukan dengan pelan jangan terlalu keras. Jika Anda melakukan terlalu keras, bisa mengakibatkan lapisan di dalam hidung menjadi makin meradang, ujung-ujungnya penyumbatan yang terjadi akan semakin berat. Anda pun akan kesulitan bernafas dan merasa tak nyaman.

2. Udara air panas (Uap)
Uap dari air panas bisa coba Anda hirup untuk meredakan hidung tersumbat. Memang ini membutuhkan persiapan, namun Anda akan merasa nyaman. Selain itu uap tersebut juga bagus bagi kecantikan wajah Anda. Kelembaban dari uap air panas ini bisa membantu dalam meringankan peradangan yang terjadi di organ pernafasan Anda. Anda jadi dapat bernafas dengan lebih lega dan juga leluasa. Metode ini bebas untuk Anda gunakan, walaupun cukup sering, sebab termasuk metode yang aman dan alami.

Sekian artikel mengenai cara mudah mengobati hidung tersumbat, semoga bermanfaat.