Senin, 13 April 2015

Cara menyembuhkan gangguan Mata Gatal

Mata gatal benar-benar dapat mengganggu aktivitas keseharian Anda, di mana mata merupakan organ tubuh yang benar-benar sensitif serta vital dalam mendukung Anda menjalankan aktivitas keseharian. Anda sudah harus mengerti bahwa merawat mata sangatlah penting, walau memang terkadang gangguan mata gatal bisa datang tiba-tiba. Mari baca selengkapnya.

Mata gatal? Obati dong!!

Penyebab mata gatal

Sekarang mari kita membahas penyebab dari gangguan mata gatal ini. Untuk tahu bagaimana cara mengatasi mata gatal, Anda pertama-tama harus mengerti terlebih dahulu tentang apakah yang menjadi sumber penyebab gangguan mata gatal tersebut. Berikut di bawah ini merupakan beberapa penyebab gangguan mata gatal pada seseorang:

1. Kotoran mata:
Yang pertama adalah kotoran mata. Kotoran mata merupakan penyebab utama dari mata menjadi gatal, biasanya kotoran tersebut masuk ke dalam organ penglihatan Anda. Kotoran dapat masuk ke mata melalui beragam jalan, contohnya saja jika Anda memiliki kebiasaan mengucek mata memakai tangan yang belum dicuci. Anda mungkin sering tak sadar dan refleks mengucek mata, karena sudah menjadi kebiasaan. Oleh karenanya, Anda harus mengubahnya dari sekarang, sayangi mata Anda.

2. Alergi yang dimiliki:
Setiap orang terkadang memiliki alergi. Alergi bisa diakibatkan banyak hal. Alergi juga merupakan penyebab kedua gangguan mata gatal. Umumnya apabila mata terasa gatal dan diakibatkan karena alergi tersebut, Anda akan merasakan gejala tertentu. Gejala tersebut tak lain adalah mata menjadi berair juga gatal. Rasa gatal karena alergi ini benar-benar mengganggu, panas dan silau serta pembengkakan di selaput mata bisa terjadi karena alergi. Beberapa contoh pemicu alergi pada seseorang bisa berupa bulu hewan, debu, dan serbuk sari musiman. Juga bisa karena makanan dan minuman tertentu, bahkan ada yang alergi es juga.

Cara mengobati

Jika Anda mau tahu mengenai bagaimana cara menyembuhkan gangguan gatal ini, ada beberapa cara yang dapat Anda coba. Cara tersebut berbeda yang dipilih, karena akan tergantung kepada apa sumber penyebabnya. Di mana berbeda sumber penyebab maka akan berbeda pula cara menyembuhkannya. Biasanya saat baru pertama kalinya, maka Anda dapat memakai obat mata yang non antibiotik ringan. Contohnya saja seperti obat tetes mata Insto, juga bisa menggunakan obat mata merek lain seperti Visine.
Dan Anda pun bisa memakai cairan untuk pembersih mata. Kesemuanya itu dapat Anda temukan dengan mudah di apotik-apotik, baik di kota kecil maupun kota besar, rata-rata semua apotik menyediakan obat tersebut.

Obat mata antibiotik yang dapat Anda pakai juga adalah Cendo Xitrol, namun untuk pemakaian Cendo Xitrol lebih baik meminta anjuran dokter mata terlebih dahulu. Karena Cendo Xitrol ini termasuk jenis obat antibiotik, yang tak boleh digunakan secara sembarangan. Biasanya membutuhkan resep dokter untuk membeli Cendo Xitrol. Obat tetes mata yang satu ini sangat ampuh, walaupun memang jika digunakan secara sembarangan, takutnya penyakit mata Anda semakin kebal terhadap obat tersebut. Itulah bahaya dari penggunaan antibiotik secara sembarangan.

Apabila sakit mata gatal Anda masih berlanjut, ada baiknya Anda coba berangkat berkonsultasi di dokter spesialis mata. Sebab memang itu merupakan jalan yang paling baik. Anda disarankan jangan memakai jalan pengobatan tradisional, sebab cara-cara tersebut belum bisa dibuktikan dari segi ilmiah dalam kemampuannya untuk menyembuhkan sakit mata. Juga, organ penglihatan Anda adalah bagian yang sangat sensitif, sehingga tak bisa sembarangan juga.

Sekian artikel mengenai cara menyembuhkan gangguan mata gatal, semoga bermanfaat.