Jumat, 03 April 2015

Bagaimana ibu menyusui berhadapan dengan Mastitis

Ibu menyusui terkadang harus berhadapan dengan penyakit Mastitis, Anda harus tahu tentang penyakit yang satu ini. Memang dengan hadirnya anggota keluarga yang baru tentu itu merupakan sebuah kebahagiaan sendiri. Hadirnya bayi di rumah akan menjadi bagian keluarga dan juga pelengkap kehangatan, apalagi jika mertua sudah ingin cepat-cepat memiliki cucu. Anda sebagai seorang ibu tentu mau memberikan yang terbaik bagi perkembangan buah hati. Dan salah satu yang terbaik yang bisa diberikan ibu selain kasih sayang, adalah ASI. ASI sangat penting untuk menunjang pertumbuhan buah hati. Mari baca selengkapnya.


ASI eksklusif itu benar-benar dapat membantu bayi memperoleh antibodi yang natural, di mana antibodi ini akan bisa membantu mencegah terjadinya infeksi. Juga, pencernaan bayi akan dapat dengan mudah beradaptasi melalui komposisi yang ada pada Air Susu Ibu tersebut.

Ini bukan hanya bualan belaka, penelitian juga menunjukkan apabila ASI eksklusif itu bisa membantu dalam mengurangi resiko beragam penyakit ketika buah hati Anda tumbuh dewasa, begitu pula bisa membantu dalam mengurangi resiko anak mengalami gangguan obesitas.

Kendala yang terkadang dialami oleh ibu menyusui
Namun terkadang terdapat kendala yang bisa dialami oleh ibu menyusui, termasuk Anda tentunya. Ini berkaitan dengan masalah kesehatan dari sang ibu yang menyusui. Penyebab gangguan kesehatan tersebut yakni penyakit Mastitis, Mastitis merupakan penyakit yang bisa membuat sang ibu tak nyaman serta merasa tersiksa saat memberikan ASI bagi bayinya (Menyusui bayi).

Terkadang untuk beberapa kasus, pada ibu menyusui dengan penyakit Mastitis, mengalami kendala dalam memberikan ASI eksklusif tersebut. Padahal ASI eksklusif ini sangat penting untuk perkembangan bayi. Di sini, kami akan memberikan penjelasan sehingga Anda dapat mengerti lebih jauh tentang Mastitis, gejala, dan juga penyebabnya. Serta beberapa informasi lain terkait yang sekiranya akan berguna, jadi bayi bisa selalu mendapat ASI yang mereka butuhkan.

Mengenal penyakit Mastitis

Mastitis adalah sebuah kondisi di mana jaringan dalam buah dada sang ibu menyusui terjadi infeksi. Infeksi tersebut diakibatkan karena bakteri. Infeksi ini akan menyebabkan buah dada sang ibu menjadi bengkak, juga disertai oleh rasa nyeri tak tertahankan. Untuk ibu menyusui yang menderita penyakit ini, pada buah dada akan terjadi perubahan warna jadi memerah, juga suhu yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kondisi normal. Terkadang ibu yang mengalami penyakit Mastitis akan merasa menggigil dan demam.

Mastitis bisa menyerang hanya satu buah dada saja, terkadang keduanya namun sangat jarang. Kondisi yang dilalui ibu menyusui dengan Mastitis ini akan membuat sang ibu menjadi cepat letih dan lelah. Dampak lain yang akan dirasakan yakni sang ibu akan mengalami kesulitan merawat buah hatinya.

Penyebab Mastitis

Mastitis dapat dialami apabila sang ibu pernah terkena penyakit ini sebelumnya, juga bisa karena masalah abrasi atau retak pada daerah puting. Hal tersebut juga bisa menjadi penyebabnya. Penyebab lainnya adalah bakteri yang mengakibatkan infeksi pada payudara ibu menyusui. Bakteri ini bisa masuk dari saluran susu, juga bisa dari daerah sekitar puting dengan kondisi pecah-pecah. Terkadang penyakit Mastitis ini bisa terjadi di wanita saat sedang di luar waktu menyusui.

Pengobatan Mastitis

Untuk merawat penderita Mastitis, bisa menggunakan cara menghilangkan sumbatan di saluran susu. Metode perawatan ini adalah yang paling efektif, memakai pompa yang digunakan untuk mengeluarkan ASI, juga dengan cara mengompres payudara sebelum menyusui buah hati.

Sekian artikel tentang bagaimana ibu menyusui berhadapan dengan Mastitis, semoga berguna.