Rabu, 08 April 2015

Apakah telinga berdenging itu berbahaya?

Disebutkan jika telinga berdenging menandakan ada makhluk halus di sekitar Anda, itu adalah sebuah kepercayaan kuno yang dibicarakan orang-orang dari telinga ke telinga. Namun, ternyata telinga berdenging itu bukan karena itu, melainkan karena faktor kesehatan Anda. Tentunya, Anda jangan terlalu percaya dengan hal-hal magis, sebab jika Anda biarkan bisa-bisa Anda terlambat menyadari bahwa ada yang salah dengan organ pendengaran Anda. Telinga sehat tak akan berdenging, jika memang berdenging itu bisa menjadi sebuah tanda terdapat kelainan atau ada yang tak beres dengan bagian dalam dari telinga Anda. Anda harus memberikan kewaspadaan lebih jika ini terjadi. Baca selengkapnya sekarang.

Kenapa telinga berdenging?

Telinga berdenging ini sebenarnya memiliki istilah tersendiri dalam dunia kesehatan, yakni Tinnitus. Tinnitus sendiri memiliki pengertian penyakit yang kerapkali terjadi serta mengganggu indera pendengaran milik seseorang. Tak sedikit orang yang mengalami gangguan Tinnitus ini.

Tanda penyakit kanker Nasofaring

Telinga berdenging bisa jadi merupakan tanda awal dari adanya penyakit kanker nasofaring pada telinga Anda. Memang jenis kanker yang satu ini umumnya menyerang orang yang berasal dari ras Mongoloid. Orang-orang yang termasuk ke dalam ras Mongoloid tidak lain adalah orang China, India, Thailand, Indonesia, dan negara tetangga kita orang-orang Malaysia. Sementara itu untuk wilayah yang ditinggali oleh penduduk berkulit putih itu sangat jarang terjangkit kanker nasofaring.
Tentu saja terdapat alasan di balik itu semua, di mana itu karena faktor tempat tinggal dan faktor genetik bawaan. Selain itu juga bisa karena pola hidup yang berbeda.

Pola hidup salah atau buruk sebagai contoh sering makan makanan panas, berpengawet, serta kebiasaan merokok dan juga polusi udara, kesemuanya itu dapat mengakibatkan kanker nasofaring. Jika beberapa kebiasaan tersebut sering Anda lakukan, maka Anda harus mengubahnya dari sekarang. Jangan sampai terlambat, karena jika terlambat, maka waktu dan uang yang harus Anda keluarkan untuk menyembuhkan penyakit ini bisa jadi lebih banyak. Dan tentunya membuat stress kepala.

Gangguan lainnya
Apabila Anda mengalami telinga berdenging, itu juga akan mengakibatkan kegiatan atau aktivitas keseharian Anda menjadi terganggu. Terutama jika telinga berdenging itu terjadi cukup sering dalam satu harinya. Saya sendiri sebagai penulis kerapkali mengalami telinga berdenging, dan untuk memastikan memang harus dibawa ke dokter THT untuk diperiksa. Di mana dokter THT tentu dapat mendiagnosis dengan lebih pasti, dibandingkan Anda hanya mengira-ngira saja terkena penyakit apa.
Kembali berbicara mengenai gangguan aktivitas, telinga berdenging bisa mengganggu karena ketika Anda mengalami itu, konsentrasi Anda akan buyar.

Jika memang aktivitas atau kegiatan yang sedang Anda lakukan mengharuskan atau membutuhkan konsentrasi tinggi, maka itu akan sangat merepotkan. Gangguan telinga berdenging pun dapat menjadikan Anda tak nyaman makan, juga masih banyak efek negatif lainnya yang akan Anda alami. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk segera mencari penyebab dan mencari cara untuk menghilangkan gangguan tersebut sesegera mungkin.

Penyebab umum dari gangguan telinga berdenging

Gangguan telinga berdering ini juga diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu trauma obat-obatan, faktor usia, infeksi pada telinga, penyakit tumor di kepala, Aterslerosis, penyakit Tiroid, gangguan sendi di rahang, perubahan dalam telinga, dan timbunan lemak di dalam telinga. Apabila Anda mau mengetes apakah yang menyebabkan kondisi telinga berdenging, Anda bisa melakukan hal ini. Anda cobalah tekan di bagian tertentu di telinga, saat daun telinga ditekan dan terasa sakit, artinya sumber masalah ada pada daun telinga. Itulah semua mengenai apakah telinga berdenging itu berbahaya? Semoga lekas sehat.