Selasa, 07 April 2015

Apa saja manfaat dari Daun Kenikir?

Umumnya daun kenikir digunakan untuk pelengkap pecel atau lalapan. Memang daun kenikir ini enak dan wangi untuk dimakan, tetapi ternyata daun ini juga memiliki khasiat dalam mencegah penyakit kanker. Lalu apa sajakah sebenarnya kandungan yang terdapat pada daun yang memang memiliki aroma khas ini? Mari baca selengkapnya.

Daun Kenikir

Mengenai tanaman kenikir
Tanaman kenikir ini merupakan kategori tanaman perdu dengan tinggi maksimumnya 100 cm. Tanaman ini memiliki bunga dengan warna kuning, di mana lokasinya berada pada ujung batang. Juga terdapat type tanaman kenikir yang memiliki bunga dengan warna ungu, bukan warna kuning. Jadi itu adalah varietas dari tanaman kenikir tersebut. Untuk warna daunnya, berwarna hijau, dan memiliki ukuran sebesar 15 hingga 25 cm. Daunnya memiliki bentuk tepian cukup khas, berbentuk menyirip.

Menghindari kanker
Sebelum menyelam lebih jauh, Anda perlu mengetahui bahaya dari penyakit kanker. Kanker sekarang ini sudah menjadi momok menakutkan. Apalagi sekarang banyak hal yang bisa menjadi penyebab kanker, bahkan hingga aneka makanan modern yang banyak beredar di jaman sekarang ini. Penyakit kanker membuat penderitanya mengalami rasa sakit berkepanjangan, dan resiko meninggal juga. Intinya kanker merupakan salah satu penyakit yang benar-benar mengerikan. Semua orang memiliki resiko yang sama terjangkit kanker. Kanker tak memandang usia, gender, apalagi status sosial.

Apabila Anda mau menghindari yang namanya penyakit kanker ini, harus menjalankan pola hidup sehat untuk sehari-hari. Gaya hidup serta pola makan harus benar-benar dijaga, tak boleh sembarangan. Beberapa gaya hidup buruk yang mempercepat kematian karena penyakit kanker contohnya konsumsi alkohol, narkoba, dan juga merokok. Ketiganya merupakan penyebab kanker yang berpengaruh cukup signifikan. Selain itu, Anda akan mendapatkan efek positif bagi kesehatan dari konsumsi ketiga jenis hal tersebut.

Pola makan terkait penyakit kanker
Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa pola makan juga sangat berpengaruh dan memiliki kaitan erat dengan penyakit kanker. Ada makanan yang memang direkomendasikan untuk Anda konsumsi, dan ada juga jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari. Anda harus memilih pola makanan dengan nutrisi tinggi, berimbang, dan cukup.

Juga, Anda jangan lupa bahwa Anda harus menghindari jenis makanan yang memiliki kandungan zat karsinogenik, contohnya saja pewarna makanan, pengawet, makanan yang dibakar. Di mana kesemua jenis makanan tersebut bisa menjadi pemicu kanker.
Kembali ke topik semula, terdapat jenis daun atau sayur yang bisa Anda konsumsi untuk membantu menghindari terjangkit penyakit kanker mematikan. Kenikir merupakan jawaban atas pernyataan tersebut. Daun kenikir tak sulit untuk ditemukan di Indonesia.

Manfaat kenikir

Tanaman kenikir sudah diolah dengan cara tradisional pada berbagai negara. Manfaat kenikir tersebut yaitu untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu, kenikir juga diolah untuk dijadikan obat herbal penguat tulang serta penambah nafsu makan seseorang. Di negara tetangga kita, Malaysia, kenikir termasuk jenis tanaman yang benar-benar populer dan banyak dicari. Penduduk Malaysia memakai tanaman kenikir sebagai pencegah penuaan dini, memperkuat tulang, dan menurunkan suhu tubuh. Terkait menguatkan tulang, itu memang memungkinkan, karena kenikir mempunyai kandungan kalsium yang cukup banyak. Dan kenikir juga memiliki fungsi menghilangkan bau nafas kurang sedap.

Kenikir juga termasuk jenis daun yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Jadi dengan konsumsi kenikir, Anda bisa melindungi sel tubuh atas kerusakan karena radikal bebas di sekitar. Demikianlah informasi mengenai apa saja manfaat dari daun kenikir? Semoga berguna.