Senin, 09 Maret 2015

Sulitkah Cara Membuat Obat Sakit Perut Tradisional? Ini Penjelasannya

Sakit perut terkadang datang di waktu yang tidak bisa diprediksikan, maka dari itu tak ada salahnya jika Anda mempelajari bagaimana cara membuat obat sakit perut tradisional yang bisa Anda gunakan sebagai pertolongan pertama. Secara umum sakit perut yang dialami orang yang satu dengan yang lainnya pasti memiliki penyebab dan gejala yang berbeda. Banyak sekali faktor luar dan dalam yang bisa mengakibatkan seseorang merasakan sakit perut. Mulai dari faktor makanan yang kotor, infeksi organd alam tubuh, penyumbatan pembuluh darah, bahkan kanker. Maka dari itu gejala sakit perut haruslah mendaptkan perhatian khusus dan harus mendapatkan penanganan sesegera mungkin.

Daun Jambu Biji/Kluthuk obat sakit perut Tradisional. Img source: sehatalamiku.com

Obat Alami untuk Menangani Sakit Perut Ringan


Memeriksakan diri ke dokter menjadi salah satu langkah pencegahan sekaligus supaya Anda bisa lebih mewaspadai kira-kira faktor apa yang bisa membuat Anda menjadi sakit perut. Jika itu adalah penyakit berat, maka sebaiknya Anda segera mendapatkan penanganan medis yang lebih serius.

Namun demikian, pada artikel kali ini kami hanya akan membagikan informasi kepada Anda menganai bagaimana cara membuat obat sakit perut tradisional untuk menyembuhkan masalah-masalah sakit perut ringan saja. Pada dasarnya ada banyak sekali tumbuhan-tumbuhan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi obat sakit perut, beberapa diantaranya adalah daun waru, daun sambung, umbi garut, bawang merah, mengkudu, dan sebagainya. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak cara pembuatan ramuan sakit perut alami berikut ini.

1.    Daun Waru dan Bawang Merah
Persiapan yang Anda butuhkan adalah 3 lembar pucuk daun waru laut dan 2 siung bawang merah. Untuk tambahannya, sediakan juga kurang lebih 1 sendok teh madu. Cara pembautannya adalah dengan melumatkan daun waru laut dan bawang merah yang sudah dicuci bersih. Setelah dilumat, peras lumatannya dan gunawan airnya. Disarankan Anda meminum obat tradisional ini 3 kali sehari sampai sakit perut Anda sembuh.

2.    Daun Sambung Nyawa
Persiapannya adalah 5 gram daun sambung nyawa. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Remas-remas daun sambung nyawa hingga daun tersebut mengeluarkan air. Nah, konsumsilah air perasan daun sambung nyawa tersebut untuk mengatasi sakit perut Anda. Konsumsilah 2-3 kali sehari sampai sakit perut Anda sembuh.

3.    Umbi Garut
Resep ramuan herbal selanjutnya berasal dari bahan dasar umbi garut. Sebelumnya sediakan sekitar 15 gram umbi garut terlebih dahulu. Jika sudah, cuci bahan tersebut, parut, lalu pera hasil parutannya terebut sampai mengeluarkan air. Nah, minumlah hasil perasannya tersebut dengan takaran 1 gelas sebanyak 1-2 kali saja dalam sehari sampai sakit perut sembuh.

4.    Bawang Merah dan Minyak Kelapa
Siapkan 2 atau 3 siung bawang merah dan 5-10 ml minyak kelapa. Kemudian parut bawang merahnya sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tenang saja, Anda tidak perlu meminum obat tradisional ini. Tempelkan saja hasil parutan bawang dan minyak kelapa ini pada perut yang sakit. Lakukan sebanyak 1-3 kali dalam sehari.

5. Daun Jambu Biji Obat Sakit Perut Diare dan Maag
Kalian tahu kan Jambu biji atau kalau di kampung disebut juga jambu kluthuk karena buahnya yang biasanya mengkal dan keras, Nah daun nya bisa anda gunakan untuk mengobati keluhan sakit perut loh. Mau tahu? Simak caranya berikut ini:

Untuk Sakit Diare, ambil 6 helai daun jambu biji anda cuci agar steril kemudian tumbuklah dan dicampur dengan air hangat secukupnya. Kemudian peras menggunakan kain dan ambil sarinya, minumlah 2 x sehari.

Untuk Sakit Maag, 8 helai daun jambu kluthuk kemudian cuci sampai bersih dan direbus dengan air bersih sebanyak 1,5 liter air sampai mendidih, Nah airnya bisa digunakan untuk mengobati sakit Maag diminum 3x sehari.

Akan tetapi perlu Anda perhatikan bahwa beberapa contoh obat tradisional yang tadi kami jelaskan hanya sebagai saran saja. Obat tersebut memang sudah terbukti secara turun temurun. Akan tetapi untuk lebih amannya, Anda bisa berkonsultasi dulu ke dokter untuk menanyakan apakah boleh atau tidak mengonsumsi obat-obatan tradisional tersebut. Sekian artikel tentang cara membuat obat sakit perut tradisional. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.