Minggu, 22 Maret 2015

Solusi Atasi Bisul pada Anak dengan Bijak

Bisul pada anak seringkali membuat orang tua merasa jengkel dan sebal. Bagaimana tidak salah satu gangguan kulit yang satu ini memang kerap kali menyebabkan anak-anak merasa rewel dan gelisah apabila mengalami masalah yang satu ini. Penyakit yang sering ditandai dengan adanya peradangan yang berwarna merah ini terkadang memang menimbulkan rasa panas dan nyeri sehingga anak-anak yang mengalaminya sering kali merasa tidak nyaman sehingga anak kerap kali rewel.


Penyakit bisul memang sering dialami oleh anak-anak. kebiasaan anak yang senang bermain dan kurang memperdulikan kebersihan dan kesehatan kulit menyebabkan gangguan yang satu ini sangat mudah menyerang. Bisul adalah sejenis peradangan kulit yang mengenai bagian folikel rambut dan juga kelenjar minyak yang disebabkan karena infeksi dari mikroorganisme yaitu bakteri staphylococcus.

Meskipun banyak orang tua yang berpendapat bahwa tumbuhnya bisul pada anak disebabkan karena perilaku anak yang gemar mengkonsumsi telur, padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, banyak terjadi kasus bisul pada anak meskipun anak tersebut tidak senang mengkonsumsi telur. Bisul memang sering dialami oleh anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa hal tersebut disebabkan karena anak-anak memang lebih banyak bermain di luar dan sering berinteraksi dengan debu dan juga kotoran. Keadaan tersebut semakin diperparah karena pada masa anak-anak, mereka belum begitu memperdulikan dan memperhatikan tentang kebersihan, sehingga bakteri akan lebih mudah menginfeksi dan menyebabkan terjadinya bisul.

Meskipun bisul bukanlah penyakit yang membahayakan tetapi bisul dapat berkembang dengan waktu yang cepat dan sangat mudah ditularkan dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh  yang lain atau dari satu orang ke orang yang lain. Bisul dapat dengan mudah menular jika seorang anak yang menderita luka goresan bersentuhan atau kontak dengan anak lain yang menderita bisul. Selain kontak secara langsung bisul juga dapat menular melalui kontak tidak langsung misalnya seorang anak yang menderita bisul menggunakan handuk atau pakaian dan handuk atau pakaian tersebut terkena pecahan nanah dari bisul yang diderita dan digunakan oleh anak lain maka anak yang memakai baju tersebut dapat dengan mudah terinfeksi.

Bisul pada anak dapat digolongkan menjadi beberapa jenis diantaranya adalah :


1.    Folikulitis
Adalah sebuah peradangan yang terjadi hanya pada folikel rambut. Bisul anak yang satu ini terdiri dari dua jenis yaitu yang hanya berada di permukaan atau supericial dan yang terletak lebih dalam lagi atau profunda.

2.    Furunkel
Jenis bisul pada anak yang kedua adalah furunkel yaitu peradangan bukan hanya pada folikel rambut saja tetapi juga pada daerah sekitarnya dan umumnya berjumlah satu buah.

3.    Furunkel losis
Jika bisul furunkel berjumlah satu buah maka furunkel losis jumlahnya lebih dari satu terkadang dua, tiga atau bahkan lebih.

4.    Korbunkel
Korbunkel adalah sebutan untuk sekelompok furunkel.

5.    Abses multiple
Jika jenis bisul diatas menyerang pada folikel rambut maka jenis bisul yang satu ini berbeda. Abses multiple adalah bisul pada anak yang menginfeksi kelenjar minyak,biasanya jumlahnya banyak dan bergerombol. Bisul jenis ini biasanya menyerang dada.

Meskipun banyak jenisnya, semua jenis bisul memang memiliki tanda dan gejala yang hampir sama sehingga orang umum sering menganggapnya sama yaitu bisul.

Setelah mengetahu berbagai macam jenis bisul yang dapat dialami oleh anak-anak sebagai orang tua penting juga diketahui bagaimana proses terjadinya bisul pada anak yaitu :

Tahap 1. Bakteri Staphylococus dapat masuk ke dalam tubuh anak melalui jaringan kulit.

Tahap 2. Bakteri Staphylococcus kemudian mengelurakan toksin yang dapat membunuh sel-sel di sekitar daerah yang terinfeksi.

Tahap 3. Sebagai sistem pertahanan, tubuh secara alami akan mengirimkan sel darah putih untuk menghilangkan toksin tersebut.

Tahap 4. Sel kulit akan menghalangi toksin tersebut untuk menyebar dengan membentuk sebuah jaringan parut yang disebut dengan bisul dan toksin tersebut akan terkumpul di satu titik yang sering disebut mata bisul.

Tahap 5. Mata bisul ini merupakan toksin dari bakteri Staphylococcus yang telah bercampur dengan sel darah putih yang sering disebut dengan nanah.

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa bisul bukanlah sebuah sesuatu yang membahayakan tetapi bisul justru merupakan tanda bahwa tubuh manusia sedang melakukan perlawanan terhadap benda asing atau mikroorganisme yang masuk ke dalam jaringan tubuh dengan menggunakan sel darah putih sebagai sistem pertahanannya.

Meskipun demikian, tidak semua mikroorganisme penyebab bisul dapat dimusnahkan secara total, biasanya di dalam nanah tersebut masih banyak mikroorganisme aktif yang siap menginfeksi kembali. Oleh karena itu jika bisul tersebut pecah dan mengenai orang lain maka bisul lainnya akan muncul.

Sebagai orang tua yang bijak, mengatasi dan mencegah timbulnya bisul pada anak sangatlah penting untuk dilakukan. beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi bisul pada anak yaitu :

1.    Tetap menjaga dan memperhatiakan kebersihan anak. segeralah bersihkan anak setelah anak beraktifitas diluar ruangan dan bernteraksi dengan debu dan juga kotoran. Selain itu mandi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun dapat membuat tubuh selalu bersih dan terbebas dari bakteri penyebab bisul.

2.    Biasakan anak untuk tidak menggunakan baju, celana, handuk ataupun sprei yang memang bukan miliknya meskipun benda-benda tersebut milik saudara sendiri karena dikhawatirkan benda-benda tersebut membawa agen penyebab bisul pada anak. selain itu, kebersihan pakaian yang digunakan juga harus diperhatikan.

3.    Selalu keringkan tubuh anak setiap anak mengeluarkan keringat, karena biasanya anak banyak melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat. Sebaiknya untuk mengeringkan anak dari keringat jangan langsung dilap dengan menggunakan tissue namun keringkan dahulu dengan menggunakan kipas angin agar kulit tidak lembab. Kulit yang lembab adalah habitat yang cocok untuk tumbuh dan berkembangnya mikroorganisme penyebab bisul pada anak.

Demikianlah informasi mengenai bisul pada anak. semoga dengan menggunakan informasi tersebut, orang tua dapat mengatasi penyakit bisul pada anak dengan cara yang bijak.