Sabtu, 28 Maret 2015

Penyebab dan Gejala penyakit Meningitis

Penyebab dan gejala dari penyakit Meningitis ada beberapa. Namun sebelumnya mari kita mengenal terlebih dahulu apakah itu penyakit Meningitis ini. Penyakit Meningitis merupakan infeksi yang terjadi pada selaput dinding atau meninges, di mana selaput ini menyelimuti saraf tulang belakang dan otak manusia. Saat meradang, Meningitis ini akan membengkak disebabkan infeksi yang diderita.


Sistem otak dan saraf dapat rusak di beberapa kasus. Terdapat 3 gejala penyakit Meningitis yang wajib untuk Anda waspadai, adapun gejala tersebut antara lain sakit kepala, demam, serta leher terasa kaku. Mari baca selengkapnya.

Penyakit Meningitis di dunia kesehatan Indonesia


Di negara Indonesia sendiri, data Meningitis ini masih belum ditemukan yang tepat, sebab kasus penyakit ini seringkali hanya dianggap sebagai infeksi atau penyakit lainnya. Mungkin itu karena tak semua orang sering menderita Meningitis. Apabila dilihat melalui tingkat kefatalan Meningitis, maka penyakit ini merupakan penyakit yang harus Anda waspadai serta tak boleh dipandang sebelah mata saja. Di beberapa pasien, bisa meninggal karena Meningitis ini.

Dimulai dari tahun 2002, bagi orang yang mau menunaikan ibadah Haji harus melakukan vaksinasi Meningitis terlebih dahulu. Di mana langkah ini diharuskan pemerintah Arab Saudi demi minimalisasi penyakit Meningitis dari para calon haji. Vaksinasi Meningitis tersebut umumnya diberikan 1 bulan tepat sebelum jadwal keberangkatan Haji.

Penyakit Meningitis ini bukan tidak mungkin menyerang, namun sangat memungkinkan. Mungkin pernah Anda mendengar berita yang sedang ramai, di mana ada satu orang komedian sekaligus presenter yang terkenal yang terjangkit penyakit Meningitis. Presenter sekaligus komedian tersebut tak lain adalah Olga Syahputra.

Gejala penyakit Meningitis di anak-anak


Penyakit Meningitis juga sering diderita pasien anak-anak dan yang masih bayi sekalipun. Itu karena memang Meningitis ini bisa terjadi pada siapa pun tanpa memandang umur. Adapun tanda-tanda atau gejala dari anak-anak yang mengidap Meningitis adalah sebagai berikut:

•    Demam tinggi, kaki dan tangan menjadi terasa dingin
•    Anak menjadi mudah gelisah, dan tak mau disentuh
•    Anak menangis terus-terusan
•    Sikap yang kurang responsif dan terlihat bingung
•    Muncul ruam merah yang tak mau hilang apabila gelas digulirkan serta pada bagian atasnya ditekan sedikit
•    Untuk beberapa kasus di anak-anak, anak menjadi gampang mengantuk dan sulit untuk dibangunkan
Sementara itu, untuk gejala Meningitis di anak-anak dengan usia yang lebih besar, termasuk orang dewasa, antara lain:
•    Sakit kepala parah
•    Muntah-muntah
•    Nafas menjadi cepat
•    Leher menjadi kaku
•    Demam tinggi hingga 38° Celcius dan lebih
•    Muncul ruam di kulit yang menyerupai bintik merah dan tersebar, namun kondisi ini tak terjadi di semua orang
•    Menjadi sensitif pada cahaya, dikenal juga dengan fotofobia

Gejala Meningitis di bayi memang lebih sulit untuk diketahui dibandingkan gejala Meningitis yang menyerang orang dewasa. Itu dikarenakan bayi yang usianya masih kecil belum bisa menunjukkan ekspresi yang mendetail, karena itulah menjadi sulit untuk dideteksi. Namun yang sangat terlihat apabila bayi terkena Meningitis, bayi akan sering menangis dan menjadi tak suka makan, juga menjadi rewel, di mana kondisi ini tak mungkin terjadi pada bayi dengan kondisi sehat.

Penyebab seseorang terjangkit penyakit Meningitis


Dasarnya, penyebab dari seseorang terkena Meningitis adalah karena paparan virus tak berbahaya, seharusnya dapat puluh tanpa harus diberikan pengobatan dan perawatan spesifik. Namun berbeda ceritanya apabila Meningitis tersebut disebabkan oleh bakteri, kondisi yang jauh lebih serius dapat dialami oleh penderita. Contohnya saja terjadi kerusakan di otak, kemampuan belajar yang hilang, kemampuan mendengar menjadi berkurang, dan yang paling parah yakni resiko kematian.

Mau tau cara pencegahan penyakit Meningitis dan cara mengatasi penyakit Meningitis? Klik aja.

Juga ada Meningitis yang diakibatkan oleh jamur, umumnya yang jenis ini jarang terjadi. Biasanya jenis penyakit Meningitis yang dikarenakan jamur menyerang pasien dengan antibodi tubuh yang rendah, termasuk orang-orang yang terjangkit penyakit AIDS. Orang dengan penyakit AIDS sangat rentan terkena penyakit Meningitis yang diakibatkan oleh jamur. Sekian artikel tentang penyebab dan gejala penyakit Meningitis, semoga bermanfaat.