Selasa, 31 Maret 2015

Menyembuhkan Penyakit Varises Ringan Dengan Cara Tradisional

Cara menyembuhkan atau menghilangkan penyakit varises bisa Anda coba. Sebelumnya, mari kita pelajari terlebih dahulu apakah itu penyakit varises. Varises merupakan pelebaran pada pembuluh darah, di mana ini terjadi di pembuluh darah vena. Penyakit ini kerapkali menyerang wanita dibandingkan pria. Apabila Anda mau mengikuti ujian tes di TNI maupun Polri, bebas dari penyakit varises merupakan sebuah keharusan. Mari baca selengkapnya.

Inilah pelipatan otot yang disebut Varises.

Penyebab terjadinya penyakit varises


Adapun beberapa penyebab terjadinya varises pada seseorang adalah melipat kaki ketika berolahraga, sering menggunakan pakaian dengan ukuran terlalu ketat, faktor gen atau keturunan, dan lifestyle yang tak baik dan juga tak benar. Dan penyakit varises ini bisa menyerang pada bagian tubuh yang paling sering terkena adalah kaki, tangan dan juga wajah, bisa juga terjadi pada ibu-ibu setelah melahirkan. Dan dibawah ini merupakan tips sederhana untuk mengatasi penyakit tersebut tanpa melalui proses suntik maupun operasi bagi anda yang tidak punya banyak waktu untuk ke dokter.

Gejala varises

Untuk gejala dari penyakit varises ada beberapa, yang pertama adalah rasa berat atau sakit pada kaki Anda, vena yang berubah warna menjadi biru gelap ataupun ungu, vena yang menjadi terlihat menonjol serta tak beraturan, umumnya berbentuk seperti tali sepatu untuk kaki. Anda juga akan merasakan gejala lain seperti gatal pada beberapa vena Anda, rasa sakit yang semakin parah sesudah berdiri maupun duduk dalam jangka waktu lumayan lama.

Dan juga gejala seperti berdenyut, perih, pembengkakan pada kaki bagian bawah, dan kram otot. Gejala terakhir yakni luka di kulit pergelangan kaki. Luka tersebut menunjukkan apabila Anda sudah mengalami penyakit varises yang cukup serius, dan secepatnya memerlukan perawatan medis, jangan sampai terlambat.

Cara menyembuhkan varises

Setelah Anda mengetahui tentang penyebab dari penyakit varises, Anda sebaiknya juga mengerti tentang bagaimanakah cara untuk menyembuhkannya.

Angkat kaki
Cara pertama yaitu dengan angkat kaki. Angkat kaki ini maksudnya angkat kaki ketika Anda istirahat pada malam hari. Jadi tidurlah dengan posisi terbalik, tempatkan kaki pada posisi di mana biasanya Anda menempatkan kepala. Tujuannya adalah untuk menempatkan kaki supaya lebih tinggi posisinya dibandingkan kepala. Sebab dengan melakukan cara ini, maka peredaran darah Anda pun akan semakin lancar, dibandingkan sebelumnya.

Olahraga rutin
Cara kedua yaitu dengan olahraga rutin. Olahraga yang disiplin dan rutin memang dapat menjadikan setiap kontraksi dari otot paha, pantat, serta tungkai, di mana darah pada vena akan terbantu untuk mengalir kembali menuju organ jantung Anda. Beberapa jenis olahraga yang bagus untuk menyembuhkan penyakit varises misalnya menaiki tangga, bersepeda, berjalan, senam, dan berenang. Kesemua itu dapat Anda lakukan, tak perlu olahraga yang aneh-aneh.

Pilihan makanan
Cara ketiga yaitu dengan mengatur makanan yang Anda konsumsi. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang terjangkit penyakit varises dalam mengurangi makanan yang memiliki kandungan tinggi dari garam dan gula. Selain itu juga hindari konsumsi daging-daging merah dan gorengan.

Hindari Berdiri terlalu lama
Cara keempat yaitu hindari berdiri terlalu lama. Aktivitas yang mengharuskan Anda duduk terlalu lama atau berdiri terlalu lama, dapat meningkatkan resiko Anda terkena penyakit varises. Apabila melakukan aktivitas, usahakan seimbang, bisa diiringi dengan melakukan aktivitas lainnya setiap beberapa waktu.

Cara duduk
Cara kelima terkait dengan cara duduk Anda. Anda sebaiknya menjauhi cara duduk dengan melipat kaki dan menekuk kaki terlalu lama. Sangat disarankan untuk duduk dengan meluruskan kaki. Cara duduk meluruskan kaki baik untuk menghindari terkena penyakit varises.

Dengan gaya hidup atau lifestyle yang tepat, niscaya Anda akan terhindarkan dari penyakit varises. Juga, lifestyle yang sehat membuat hidup Anda menjadi lebih baik dan nyaman. Sekian artikel mengenai cara menyembuhkan penyakit varises, semoga bermanfaat.