Senin, 16 Maret 2015

Manfaat Masker Beras untuk Kecantikan dan Cara Pembuatannya

Cara membuat masker beras - Sampai saat ini mungkin masih banyak orang yang masih belum mengetahui apa saja manfaat masker beras kencur untuk kecantikan atau kesehatan kulit wajah. Pasalnya masyarakat lebih sering menggunakan kosmetik atau produk-produk kecantikan lainnya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajahnya. Akan tetapi beras menjadi bahan yang lebih alami yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti kosmetik. Lagipula bahan-bahan alami biasanya lebih aman dan tidak akan memberikan efek samping bagi kulit. Pada dasarnya masker beras ini sudah digunakan oleh masyarakat sejak dahulu. Yang belum banyak diketahui oleh masyarakat adalah bahwa jenis makanan yang biasa dijadikan makanan pokok masyarakat Indonesia ini memiliki banyak manfaat untuk memutihkan wajah, menghaluskan wajah dan membuat wajah bebas jerawat.

Cara pembuatan masker beras kencur untuk wajah berjerawat

Khasiat Penggunaan Masker Beras untuk Kulit Wajah


Bahan alami memang tidak bisa digunakan untuk melakukan perawatan secara instan seperti yang mungkin bisa dilakukan dengan menggunakan kosmetik-kosmetik yang dijual di pasaran. Akan tetapi dengan menggunakan masker beras secara rutin, Anda akan mendapatkan manfaat masker beras untuk wajah yang sehat dan kulit wajah yang putih. Nah, salah satu masalah kesehatan wajah yang paling sering dialami mungkin adalah timbulnya jerawat di wajah. Bagi para remaja, jerawat sering sekali menjadi gangguan yang mengakibatkan timbulnya rasa kurang percaya diri. Ada banyak sekali penyebab yang bisa menimbulkan jerawat di wajah. Diantaranya adalah ukuran pori-pori yang terlalu besar dan mudah dimasuki oleh kotoran, wajah berminyak dan juga perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

Nah, ketimbang harus menggunakan kosmetik atau bahan-bahan kimia yag Anda dapatkan di pasaran, Anda bisa mencoba manfaat masker beras untuk menghilangkan jerawat.
Mungkin selama ini Anda masih cukup asing dan belum pernah menggunakan salah satu makanan pokok di Indonesia ini sebagai masker perawatan wajah. Namun faktanya memang cukup banyak khasiat beras untuk kecantikan. Cara pembuatan masker beras ini sangat mudah, dan cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda hanya tinggal mengoleskannya ke permukaan wajah Anda untuk mendapatkan manfaat seperti memutihkan kulit, menghilangkan minyak berlebih dan mengatasi jerawat di wajah.

Cara Mudah Membuat Masker Beras


Nah, setelah Anda mengetahui berbagai khasiat atau manfaat yang bisa Anda dapatkan dari masker beras, Anda bisa mencoba beberapa cara mudah membuat masker beras. Sebelumnya silahkan persiapkan bahan-bahan yang akan Anda butuhkan. Pertama sediakan 3 genggam beras putih dan juga madu asli. Cara pembuatannya, pertama rendam berasnya semalaman pada air dan tempat yang bersih. Barulah keesokan harinya Anda tumbuk beranya sampai hancur, lalu jemur hasil tumbukannya di bawah sinar matahari hingga mengering dan menjadi tepung beras. Setelah itu simpan di dalam tempat yang kering dan tidak lembab.

Cara membuat Masker Beras dengan Kencur
Caranya cukup mudah kok, ambil saja beras putih dan kencur secukupnya kemudian campur keduanya dan dihaluskan menggunakan alu atau bisa juga coeg, pokoknya hasilnya harus sampai halus seperti digiling, atau agar lebih mudah digiling atau diblender saja. Tambahkan sedikit air atau bisa juga madu asli sampai dirasa pas kekentalannya.


Nah, masker tradisional ini bisa menjadi persediaan Anda untuk beberapa kali pakai. Untuk memakai masker beras ini, campurkan 2 sendok makan tepung beras dengan madu secukupnya. Campurkan sedikit air hangat dan aduk hingga adonan maskernya merata. Masker beras akan lebih efektif digunakan jika kondisi kulit wajah Anda lembab. Maka dari itu basuh terlebih dahulu wajah Anda dengan air atau pembersih wajah, lalu keringkan. Oleskan maskernya, lalu tunggu sampai kering dan bilas dengan air bersih.

Bagaimana? Mudah sekali bukan cara pembuatannya? So, sekian artikel singkat mengenai manfaat masker beras dan cara pembuatannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.