Minggu, 22 Maret 2015

Lindungi Anak dari Dermatitis Bisul Abses Multiple

Bisul abses multiple adalah salah satu jenis bisul dari sekian jenis bisul yang telah diketahui dan diidentifikasi. Jenis bisul ini memang kerapkali mengancam kesehatan anak-anak, sebenarnya apa itu bisul abses multiple, apa penyebabnya, bagaimana cara mengobati dan mencegah agar anak-anak terhindari dari penyakit dermatitis yang satu ini.


Bisulan adalah salah satu dermatitis yang sering menimpa sebagian besar orang di Indonesia terutama pada anak-anak. Bisulan memang menjadi masalah tersendiri jika menyerang anak-anak, bukan hanya anak yang menderita saja yang terganggu tetapi juga orang tuanya juga ikut terganggu.

Bagaimana tidak ketika si bisul tersebut keluar maka anak akan merasakan hal yang tidak mengenakan mulai dari rasa gatal, panas, nyeri bahkan terkadang dapat menyebabkan demam pada si kecil, perasaan tersebut tentunya akan membuat orang tua juga ikut khawatir dan gelisah belum lagi jika si anak mulai rewel maka akan sangat menjengkelkan. Selain itu, bisulan juga dapat mengganggu penampilan anak karena adanya tonjolan merah yang berisi nanah pada tubuh mereka.

Mengingat hal-hal kurang baik yang ditimbulkan akibat bisulan, maka tentunya sebagai orang tua, tidak menginginkan buah hati kesayangan mengalami apa yang dinamakan dengan bisulan. Bisulan memang kerap kali dialami oleh sebagian orang terutama anak-anak. Aktivitas anak yang lebih sering berada di luar ruangan dan bermain kotor-kotoran adalah penyebab utama dari bisulan. Eits ..... jika anda masih mengira bahwa telur adalah penyebab utama bisul maka anda keliru, penyebab dari bisulan adalah adanya infeksi bakteri yang bercampur dengan kotoran dan keringat terutama jika terdapat luka yang terbuka seperti luka goresan atau sayatan.

Bisulan adalah peradangan pada folikel rambut dan kelenjar minyak yang disebabkan karena infeksi bakteri Staphylococcus. Bakteri ini merupakan mikroflora normal di dalam tubuh manusia. Bakteri ini biasanya hidup di dalam saluran pernafasan seperti hidung dan kerongkongan serta pada permukaan kulit manusia. Diantara jenis Staphylococcus ada yang bersifat pathogen dan aphatogen. Jenis aphatogen adalah jenis yang dapat menyebabkan penyakit seperti bisul, jerawat, artrithis ataupun keracunan contohnya adalah Staphylococcus aureus.

Ada banyak jenis bisul yang diketahui seperti jenis karbunkel yaitu bisul yang biasanya menyerang kaum pria terutama pada bagian leher bagian belakang, jenis bisul yang satu ini biasanya dialami oleh seseorang yang menderita penyakit tertentu seperti diabetes, selain karbunkel juga ada jenis furunkel yaitu bisul yang biasanya ditemukan di daerah pantat, hidung, atau telinga jenis bisul ini dapat menimbulkan nyeri yang hebat bahkan terkadang demam, hidradenitis suppurativa adalah bisul yang sering menyerang daerah pangkal paha atau ketiak dan timbulnya lebih dari satu dan satu lagi yang akan kita bahas pada artikel ini adalah jenis bisul abses multiple.

Bisul abses multiple adalah salah satu jenis bisul yang banyak ditemukan pada kasus bisulan anak-anak. Bisul abses multiple ini disebabkan karena adanya infeksi oleh bakteri Staphylococcus pada daerah kelenjar keringat sehingga bisul abses multiple ini sering ditemukan pada daerah-daerah yang mengeluarkan banyak keringat seperti ketiak, punggung dan dada. Bisul ini merupakan bisul yang tidak bermata dan biasanya ditemukan dalam jumlah yang banyak.

Faktor kebersihan lingkungan adalah faktor utama penyebab timbulnya bisul abses multiple pada anak-anak dan bayi. Saat mulai menginfeksi bayi atau anak-anak dapat mengalami peningkatan suhu tubuh dan demam setelah bisul mulai membesar bisul akan menghasilkan nanah yang berisi bakteri dan sel darah putih. Pembengkakan sel kulit akan menyebabkan rasa nyeri dan gatal  akibatnya anak akan menjadi rewel dan sulit untuk tidur. Selain faktor lingkungan ada beberapa faktor lainnya yang dapat memicu tumbuhnya bisul abses multiple pada anak-anak yaitu :

1.    Faktor cuaca
Cuaca dan iklim lingkungan dapat menjadi faktor pemicu tumbuhnya bisul abses multiple pada anak. Indonesia adalah negara yang berada di daerah yang beriklim tropis sehingga sinar matahari banyak tercurah di daerah ini, dengan begitu udara di wilayah Indonesia terasa lebih hangat bahkan terkadang panas dibandingkan dengan negara yang memiliki iklim subtropis. Udara yang panas ini menyebabkan orang dengan mudah berkeringat terutama anak-anak yang memang senang bermain di luar ruangan. Jika keringat tersebut bercampur dengan kotoran maka menjadi faktor pemicu timbulnya bisul abses multiple karena bisul ini memang menyerang kelenjar minyak.

2.    Menurunnya sistem imun anak
Bisul biasanya menyerang pada anak-anak atau orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang. Menurunnya sistem imun anak dapat disebabkan berbagai macam hal seperti kurang gizi,sedang sakit, gangguan pada darah seperti anemia atau memiliki riwayat penyakit yang membahayakan misalnya kanker atau diabetes dan sebagainya.

Oleh karena itu, untuk melindungi anak dari serangan bisul abses multiple sebagai orang tua yang bijak sebaiknya mulai ekstra memperhatikan kebersihan baik kebersihan tubuh anak maupun tempat bermain anak dan jika benjolan bisul sudah mulai keluar disertai nanah sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk berkonsultasi dan jangan sekali-kali memencet bisul karena justru jika bisul tersebut pecah maka penularan akan semakin mudah terjadi. Semoga artikel mengenai bisul abses multiple pada anak dapat bermanfaat.