Senin, 23 Maret 2015

Kupas Tuntas Mengenai Penyakit Bisul dan Jerawat

Memiliki masalah bisul dan jerawat terutama di bagian wajah adalah hal yang sangat menjengkelkan. Tonjolan merah yang terkadang berisi nanah tentunya akan sangat mengganggu penampilan dan juga rasa percaya diri. Selain itu timbulnya jerawat dan bisul juga dapat menyebabkan rasa nyeri dan gatal, pokoknya sungguh hal yang menyebalkan.

Ini Jerawat

Wajah memang seringkali mengalami berbagai macam masalah bagaimana tidak setiap hari wajah harus bergelut dengan berbagai macam zat oksidan seperti asap, gas, debu, mikroorgsnisme dan sinar matahari sehingga tidak heran jika wajah adalah bagian tubuh yang seringkali mangalami masalah. Memiliki wajah yang putih, bersih, sehat bebas dari jerawat, bisul, komedo, flek hitam dan penuaan dini adalah dambaan bagi setiap orang bahkan bukan hanya kaum wanita saja tetapi kaum pria juga pasti menginginkan hal yang sama.

Namun sepertinya untuk mendapatkan wajah yang sempurna adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan terutama untuk terhindar dari masalah jerawat dan bisul.

Bisul dan jerawat memang serupa tapi tak sama. Jika melihat sekilas orang akan sangat sulit membedakan apakah itu bisul atau jerawat karena memang ciri-ciri yang dimiliki oleh bisul dan jerawat hampir sama yaitu adanya pembengkakan yang berwarna merah pada kulit. Perbedaan menonjolnya adalah jika bisul sering terdapat nanah didalamnya dan terkadang membesar dan jika jerawat sering ditemukan tidak bernanah dan dapat tumbuh besar namun tidak sebesar bisul. Untuk lebih jelasnya apa itu jerawat dan bisul pada artikel kali ini kami akan mengupas tuntas tentang jerawat dan bisul.

Ini Bisul

1.    Penyebab Jerawat dan Bisul
Jerawat dan bisul memang memiliki faktor pemicu utama yang sama yaitu karena kurangnya kebersihan pada kulit sehingga dapat menyebabkan peradangan. Namun ada penyebab yang lebih spesifik dari bisul dan jerawat. Bisul adalah salah satu dermatitis atau peradangan pada kulit yang disebabkan karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada folikel rambut.

Bakteri Staphylococcus ini akan lebih mudah menginfeksi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah atau memiliki luka goresan pada kulit yang dapat mempermudah terjadinya infeksi. Sedangkan jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat biasanya akibat kotoran sehingga dapat menyebabkan peradangan. Namun faktor pencetus jerawat bukan hanya disebabkan oleh kurangnya kebersihan saja tetapi juga dapat disebabkan oleh faktor hormonal yang dialami oleh setiap manusia.

Perubahan hormonal yang dialami adalah seperti hamil, menstruasi, strees atau pemakaian pil KB. Perubahan hormonal ini dapat memicu produksi kelenjar minyak yang berlebih sehingga menyebabkan jerawat.

2.    Gejala dan ciri-ciri Bisul dan Jerawat
Meskipun gejala dan ciri-ciri bisul dan jerawat cukup sulit untuk dibedakan, namun ada gejala dan ciri yang spesifik dari bisul dan juga jerawat. ciri-ciri spesifik pada bisul selain adanya peradangan yang berwarna merah pada kulit ada ciri dan gejala lain yang biasanya akan muncul ketika seseorang terkena bisul yaitu peradangan pada kulit akan disertai dengan munculnya nanah pada tengah bisul yang disebut juga dengan mata bisul nanah ini muncul karena sel darah putih sedang membunuh mikroorganisme penyebab bisul, jika bisul akan tumbuh biasanya penderita juga mengalami nyeri hebat, gatal dan bahkan terkadang bisul dapat menimbulkan gejala demam dan pada beberapa kasus juga terjadi pembengkakan kelenjar getah bening disekitar area yang terkena bisul.

Sedangkan jerawat meskipun juga memiliki tanda munculnya benjolan yang berwarna merah, tetapi jerawat sering tidak ditemukan bernanah meskipun ditemukan dengan nanah namun tidak dalam jumlah yang besar berbeda dengan nanah yang ditemukan pada bisul. Bisul juga dapat tumbuh membesar bahkan pada beberapa jenis bisul dapat tumbuh sebesar telur ayam dan dapat berkembang dengan cepat serta menular sedangkan jerawat meskipun banyak namun tidak dapat tumbuh sebesar bisul dan juga tidak menular.

3.    Penderita
Setiap orang pasti memiliki risiko terkena bisul atau jerawat bahkan keduanya, namun yang membedakan adalah jika jerawat dapat diderita oleh semua orang secara umum, bahkan seseorang yang selalu menjaga kebersihannyapun dapat terkena jerawat hal tersebut dapat disebabkan karena jerawat juga muncul akibat perubahan hormonal yang terjadi pada setiap manusia sehingga timbulnya jerawat akan sangat sulit dihindari jerawat juga lebih sering menyerang seseorang yang telah dewasa, tetapi jika bisul lebih sering dialami oleh orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya melemah atau mungkin belum terbentuk sempurna seperti pada anak-anak, bayi atau seseorang yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan sistem imun seperti AIDS, TBC atau diabetes.

Karena bisul merupakan tanda bahwa tubuh manusia sedang melakukan perlawanan terhadap benda asing atau mikroorganisme sehingga untuk mencegah mikroorganisme tersebut tidak menjalar, kulit membentuk jaringan parut yang lama kelamaan akan membesar dan pada pusatnya terbentuk nanah yang merupakan campuran dari sel darah putih dan kuman yang akan dimusnahkan.

4.    Lama berlangsung
Pembahasan jerawat dan bisul yang keempat adalah lama berlangsung serangannya. Pada sebagian kasus jerawat akan mudah untuk disembuhkan bahkan terkadang jika aktivitas hormonal sudah berjalan baik maka secara otomatis jerawat akan sembuh dengan sendirinya tentunya diimbangi dengan terus menjaga kebersihan kulit, namun jika bisul selain tetap menjaga kebersihan penderita juga harus memperbaiki sistem daya tubuhnya agar tubuh dapat dengan mudah membunuh mikroorganisme penyebab bisul. Tetapi bisul juga akan sangat sulit disembuhkan ketika menyerang penderita diabetes.

Nah itulah tadi kupas tuntas mengenai bisul dan jerawat. semoga dengan pembahasan diatas pembaca sudah tidak bingung lagi dengan apa itu bisul dan apa itu jerawat serta bagaimana cara membedakannya.