Kamis, 19 Maret 2015

Kenali Jenis- Jenis Bisul Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis-jenis bisul. Penyakit memang banyak sekali macam dan jenisnya baik berat maupun ringan termasuk juga penyakit atau gangguan kesehatan yang satu ini. jadi jika anda berfikir bahwa bisul hanya terdapat satu macam jenis dan penyebab saja maka mulai renungkan kembali setelah anda membaca artikel yang satu ini. Perbedaan jenis bisul ini biasanya disebabkan oleh perbedaan faktor penyebab dan juga tempat yang ditumbuhi oleh bisul.


Gambar Ilustrasi Bisul. Img source: bisul.org
Sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis-jenis bisul lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apakah itu bisul. Sebagai orang awam atau umum tentunya kita hanya mengira bahwa bisul adalah adanya tonjolan atau peradangan pada kulit yang muncul pada bagian tubuh tertentu dan biasanya terdapat nanah di dalamnya. Pendapat tersebut memang tidaklah salah namun, ada penjelasan terperinci lagi mengenai apa itu bisul.

Dalam istilah kedokteran bisul juga disebut dengan istilah abscessus yang berarti adanya sekumpulan nanah atau disebut juga dengan neutrophil mati yang terakumulasi pada rongga-rongga jaringan tubuh setelah menglami infeksi baik dari parasit ataupun benda asing lainnya.

Sebenarnya bisul bukanlah penyakit yang kita takutkan pada umumnya. Bisul adalah sebuah reaksi dari sistem pertahanan tubuh manusia untuk mencegah benda asing atau parasit dalam tubuh menyebar. Mikroorganisme yang biasanya masuk ke dalam tubuh manusia akan mengeluarkan racun atau toksin yang menyebabkan timbulnya inflamasi atau peradangan pada bagian tubuh yang terkena. Oleh karena itu untuk mencegah mikroorganisme tersebut tidak menyebar maka sel-sel sehat yang berada di daerah  yang terinfeksi akan membentuk dinding bisul.

Lihat juga artikel terkait berikut  Cara Menghindari Bisulan pada Penderita Diabetes

Setelah mengetahui apa itu bisul, pembaca juga perlu mengetahui beberapa jenis bisul pada manusia hal tersebut dimaksudkan agar seseorang yang terkena bisul dapat memberikan treatment atau perawatan dan penyembuhan yang tepat untuk bisul. Beberapa jenis bisul yang perlu diketahui adalah :

1.    Jenis bisul karbukel
Jenis bisul karbunkel adalah bisul yang muncul akibat dari infeksi mikroorganisme yaitu bakteri Staphilococcus yang menyebabkan kulit menjadi terkelupas dan akan membuat sebuah jaringan parut. Bisul yang satu ini dapat memberikan dampak berupa demam dan penderita akan lebih sering merasa lelah.

Jenis bisul yang satu ini lebih sering menyerang kaum pria pada bagian leher, umumnya mudah menyerang seseorang yang menderita diabetes, penyakit kulit atau seseorang yang mengalami masalah gangguan sistem kekebalan tubuh. Bisul karbunkel ini dapat menular dari bagian tubuh yang satu ke bagian tubuh yang lain bahkan dari orang satu ke orang lain. Selain itu, jenis bisul karbunkel ini lebih sukar disembuhkan karena bisul ini memiliki sebagian titik nanah yang berada lebih dalam dibawah kulit.

2.    Jenis bisul furunkel
Bisul dikatakan memiliki jenis furunkel adalah bisul yang disebabkan karena adanya infeksi dari bakteri Staphilococcus atau mikroorganisme lain seperti jamur yang menyerang folikel rambut serta jaringan subkutaneus pada kulit. Jenis bisul yang satu ini sering ditemukan di bagian pantat, muka, leher, payudar, hidung dan sela-sela jari.
Pada awal masa pembentukannya, bisul ini berupa benjolan merah yang berfluktuasi serta menjadi putih atau kung pada bagian titik tengahnya disebut juga dengan pustula. Ketika bisul ini mulai pecah maka bukan hanya nanah saja yang keluar melainkan bercampur dengan darah. Salah satu gejala yang timbul akibat bisul furunkel ini adalah demam dan rasa tidak enak badan.

3.    Acne kista
Jika mendengar istilah acne mungkin orang sudah dapat menebak jenis bisul yang satu ini. Jika kita mendengar istilah acne tentunya mengkaitkannya dengan wajah, ya memang benar bisul acne kista ini memang seringkali menyerang bagian wajah terutama bagi para remaja. Bisul ini disebabkan karena sumbatan kelanjar minyak pada bagian wajah yang dapat berlanjut dengan adanya infeksi sehingga menyebabkan peradangan.

4.    Hidradetis suppurativa
Selain jenis bisul acne kista, akibat penyumbatan kelenjar minyak juga dapat mengakibatkan tumbuhnya jenis bisul lain yaitu jenis bisul Hidradetis suppurativa. Apa itu bisul Hidradetis suppurativa, jenis bisul satu ini adalah jenis bisul yang disebabkan karena peradangan pada kelenjar minyak. Jenis bisul yang satu ini banyak menyerang kulit bagian pangkal paha dan ketiak. Biasanya jenis bisul ini tidak timbul hanya satu namun terkadang dua, tiga atau lebih.

5.    Kista pilonidal
Jenis bisul yang terakhir adalah jenis bisul kista pilonidal. Penyebab umum dari bisul adalah adanya mikroorganisme dan biasanya adalah bakteri staphilococcus atau jamur yang menginfeksi folikel rambut yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit, perbedaannya adalah folikel rambut bagian tubuh mana yang terinfeksi. Jenis bisul kista polinidal ini biasanya menginfeksi kulit bagian lipatan pantat sehingga dapat menebabkan iritasi dan rasa sakit yang sangat hebat terutama saat duduk.

Itulah 6 jenis bisul yang dapat menyerang bagian-bagian tubuh manusia. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.