Sabtu, 28 Maret 2015

Diagnosis dan Pencegahan penyakit Meningitis

Diagnosis dan pencegahan dari serangan penyakit Meningitis akan menjadi ilmu yang Anda serap hari ini. Penyakit Meningitis seringkali muncul secara tiba-tiba, serta gejalanya pun kurang jelas. Itu karena gejala dari penyakit Meningitis ini benar-benar sering disalahartikan sebagai gejala dari penyakit flu. Ya, memang Meningitis sangat sulit didiagnosis. Dan bahayanya jika terlambat mendiagnosis, takutnya Anda terserang oleh penyakit Meningitis yang disebabkan oleh bakteri, di mana itu bisa mengancam nyawa.

Pencegahan Penyakit Meningitis.

Diagnosis dari Meningitis biasanya dilakukan atas dasar sejarah kesehatan dari keluarga dan juga tes fisik. Terkadang juga diberikan beberapa jenis tes untuk diagnosis yang lebih tepat lainnya. Mari baca selengkapnya.

Tes pengujian Meningitis yang disebabkan oleh virus atau bakteri


Meningitis merupakan penyakit yang sangat serius, dan tak boleh dianggap remeh. Oleh karena itu, bagi anak kecil supaya penyakit ini dapat pulih sepenuhnya, tidak boleh ditangani terlalu terlambat. Dalam menentukan apakah penyakit Meningitis yang diderita itu disebabkan karena virus atau bakteri, harus diberikan tes klinis. Diagnosis tak mungkin diberikan Cuma mengambil dasar dari gejala-gejala pasien. Penyakit ini berpotensi mematikan, sebab dapat berubah jadi infeksi darah, atau dikenal juga dengan septicemia. Karenanya, penyakit Meningitis wajib diberi perlakuan sebagai keadaan medis darurat.

Pertolongan yang harus dilakukan


Anda harus segera membawa pasien menuju dokter, atau bisa juga langsung menuju rumah sakit terdekat apabila terdapat gejala-gejala dari penyakit ini, khususnya gejala yang terjadi di anak-anak. Jika gejala muncul, kapanpun waktunya, maka Anda harus secepat mungkin menuju Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang ada di R.S terdekat. Penyakit ini merupakan penyakit yang gawat dan serius, Anda harus memastikan penanganan yang tepat dan cepat diberikan kepada pasien. Anda jangan terlambat, jangan sampai muncul ruam dengan warna ungu di pasien. Walaupun tak semua pasien Meningitis mengalami rumah dengan warna ungu tersebut. Apabila Anda belum yakin, disarankan Anda coba telpon dokter, bisa juga langsung menuju rumah sakit maupun klinik terdekat untuk berkonsultasi.

Metode memastikan diagnosis


Metode yang harus dilakukan untuk memastikan diagnosis penyakit Meningitis yang biasa dilakukan oleh dokter adalah dengan pemeriksaan fisik, di mana dokter akan mencari tanda penyakit ini beserta infeksi darah (Septikemia). Diagnosis penyakit Meningitis juga bisa dipastikan menggunakan tes seperti Lumbar puncture (Pungi Lumbal), tes darah, CT scan, dan pindai X-Ray bagian dada. Untuk Lumbar puncture itu diambil sampel cairan serebrospinal any berasal dari tulang belakang, kemudian akan diperiksa apakah terdapat virus atau bakteri penyebab Meningitis. Jika tak ada, maka kemungkinan itu bukan penyakit Meningitis melainkan infeksi lainnya.

Pencegahan penyakit Meningitis


Meningitis merupakan hasil infeksi yang menjalar, yang disebabkan jamur, bakteri, atau virus. Oleh karena itu, untuk mencegah supaya Anda dan keluarga terlindung dari penyakit berbahaya ini, harus mempunyai kebiasaan seperti:

•    Mulai hidup higienis
•    Rajin mencuci tangan
•    Pola hidup yang sehat
•    Saat bersin atau batuk, usahakan tutup mulut
•    Apabila sedang dalam kondisi hamil, sebaiknya berhati-hati ketika memilih makanan, harus lebih selektif

Simak juga artikel terkait mengenai penyebab meningitis dan cara mengobati Meningitis.

Selain itu, banyak kasus Meningitis yang diakibatkan karena bakteri dan virus dapat dicegah dengan memberikan vaksin. Mengenai jenis vaksin yang diperlukan, Anda dapat mencoba berkonsultasi ke dokter yang memang spesialis mengenai masalah ini. Dokter akan membantu Anda dengan senang hati. Sekian artikel mengenai diagnosis dan pencegahan penyakit Meningitis, semoga lekas sehat.