Kamis, 26 Maret 2015

Cara Mudah Membuat Obat Herbal Alami untuk Kutil

Penyembuhan kutil sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan obat herbal untuk kutil. Akan tetapi tak jarang juga ada orang yang menggunakan berbagai macam cara, hingga melakukan operasi untuk menghilangkan penyakit yang satu ini. Kutil sendiri bisa diartikan sebagai sebuah benjolan yang terjadi pada permukaan kulit dan biasanya terjadi akibat adanya infeksi.

Cara mengatasi Kutil dengan obat Herbal. Img source: sitkes.com

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat kutil tumbuh di kulit, diantaranya adalah infeksi virus HPV atau bisa juga disebabkan karena regenerasi kulit yang berlangsung dengan tidak sempurna. Akibatnya sel kulit akan menebal dan akhirnya tumbuhlah kutil. Kutil atau yang disebut Papilloma ini juga masuk dalam kategori tumor jinak yang tumbuh pada lapisan kulit. Bentuk dan ukurannya sangat beragam, dan saat diepegang atau ditekan rasanya terkadang memang sakit.

Obat Herbal untuk Kutil yang Mudah Ditemukan


Nah, untuk menyembuhkan kutil sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Meskipun memang tidak tergolong sebagai suatu penyakit bahaya dan relatif mudah untuk dihilangkan, namun tumbuhnya kutil ini biasanya menjadi suatu hal yang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dan tidak nyaman. Pasalnya biasanya kutil bisa menimbulkan rasa nyeri jika ditekan atau tak sengaja tersentuh. Lalu bagaimana cara mengobatinya? Secara umum ada beberapa obat tradisional yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kutil.

1.    Bawang Putih dan Merah
Bawang putih dan bawang merah adalah salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kutil. Pada bumbu dapur yang sangat akrab dengan para ibu rumah tangga ini ternyata mengandung zat yang membantu tubuh untuk membunuh bakteri-bakteri yang bisa membuat kutil mengecil atau menghilangkan kutil yang sudah lama meradang. Cara penggunaannya pun mudah. Pertama tentunya Anda harus menyediakan bawang putih dan bawang merah, iris bawangnya lalu tempelkan pada kutilnya. Bila perlu tutup dengan plester supaya hasilnya lebih maksimal.

2.    Lidah Buaya
Kandungan aloe vera yang terkandung dalam tanaman lidah buaya ternyata juga memiliki khasiat untuk menjadi obat kutil alami. Ternyata getah tumbuhan lidah buaya ini selain bisa memberikan manfaat untuk kesehatan kulit, bisa juga digunakan untuk megatasi kutil yang meradang. Cara penggunaannya pun cukup mudah, lalu oleskan getah lidah buaya pada bagian yang ditumbuhi kutil. Lakukan cara ini secara rutin sampai kutil perlahan mulai mengecil dan menghilang.

3.    Kentang
Selain diolah untuk menjadi makanan dan bisa digunakan untuk masker wajah yang bisa menghaluskan wajah, ternyata kentang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi kutil yang sudah meradang. Cara penggunaan kentang untuk pengobatan kutil ini pun relatif mudah. Buatlah jus kentang dengan porsi secukupnya, lalu gunakan jus tersebut untuk dioleskan ke bagian kutil pada wajah atau bagian lain di tubuh Anda. Tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Nah, utnuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini secara rutin.

Selain itu ternyata kutil juga bisa dihilangkan dengan suhu panas yang dihasilkan dari campuran kapur sirih dan detergen. Akan tetapi untuk menggunakan cara ini Anda harus lebih berhati-hati dan waspada, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Gunakan kapur sirih dan detergen dengan perbandingan 1:1 yang sudah dilarutkan dengan wadah kecil. Cara penggunaannya sama dengan cara-cara sebelumnya.

So, demikian informasi singkat mengenai cara pembuatan dan penggunaan obat herbal untuk kutil. Semoga bermanfaat.