Minggu, 22 Maret 2015

Cara cepat dan tepat mengatasi bisul pada wajah

Tips Cara mengatasi bisul dengan cepat dan mudah tentunya sangat dinantikan para pembaca terutama yang sering mengalami masalah bisul pada wajah. Memiliki kulit yang sehat, bersih,mulus dan tanpa noda adalah dambaan seluruh wanita diseluruh dunia terutama kulit wajah.

Bisul pada Wajah

Kulit wajah adalah salah satu bagian kulit yang sangat sensitif bagaimana tidak, mau tidak mau bagian kulit yang satu ini adalah bagian yang setiap harinya harus berinteraksi langsung dengan berbagai macam zat polutan yang berada di udara seperti debu, gas buangan kendaraan, atau mikroorganisme yang berada di udara sehingga kulit wajah adalah tempat yang paling sering mengalami masalah. Masalah tersebut akan semakin parah jika mengingat wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sering diidentikan dengan kecantikan seseorang terutama kaum hawa.

Banyak masalah kulit wajah yang sering muncul seperti timbulnya jerawat, noda atau bintik hitam atau bahkan bisul. Meskipun tidak sesering jerawat bisul pada wajah juga dapat dikategorikan sebagai suatu masalah kulit wajah yang sangat mengganggu sehingga diperlukan cara yang cepat dan tepat untuk mengatasinya. Masalah bisul pada wajah biasanya ditandai dengan timbulnya benjolan merah yang menonjol dan apabila diraba akan terasa hangat, jika bisul sudah mulai membesar maka akan tampak bintik putih ditengahnya yang merupakan nanah, dan kadang disertai rasa nyeri dan gatal.

Bisul memang terlihat hampir sama seperti halnya jerawat namun yang membedakan adalah penyebab timbulnya. Bisul atau dalam istilah kedokteran sering juga disebut abscessus adalah sebuah peradangan yang terjadi pada daerah folikel rambut kulit dan sekitarnya yang seringkali disebabkan oleh mikroorganisme terutama dari golongan bakteri Staphylococcus.

Jenis bakteri ini adalah salah satu bakteri yang memang sering menempel pada kulit manusia. Bakteri ini akan mudah berkembang biak dengan cepat sehingga menyebabkan bisul akan semakin membesar dan lama-kelamaan bisul akan mengandung nanah. Namun nanah itu sendiri sebenarnya adalah bentuk pertahanan yang dikeluarkan secara alami dari tubuh manusia yang berupa sel darah putih.

Sel darah putih yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh ini akan menyerang bakteri Staphylococcus. Jadi nanah tersebut adalah hasil pencampuran dari sel darah putih dan mikroorganisme itulah sebabnya mengapa tekadang nanah akan berbau busuk dan berwarna hijau. Jika bisul tersebut pecah dan nanah mengenai bagian lainnya maka mikroorganisme yang masih hidup dapat menyebabkan timbulnya bisul yang baru padahal masa inkubasi dari bisul ini tidak membutuhkan waktu yang lama bahkan terkadang hanya membutuhkan hitungan jam untuk membuat bisul yang baru tumbuh.

Bayangkan jika masalah bisul tersebut menimpa pada kulit wajah dan menyebar dengan cepat tentunya akan sangat mengganggu dan menjengkelkan bukan, oleh karena itu bisul pada wajah harus diatasi secepat dan sesegera mungkin agar masalah yang ditimbulkan tidak semakin parah.

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah bisul pada wajah mulai dari cara medis dengan bantuan alat-alat yang canggih, pengobatan dengan menggunakan salep atau krim dan ada juga yang dapat menggunakan bahan-bahan traditional yang mudah dan murah untuk diaplikasikan. Pemilihan cara mengatasi bisul pada wajah memang tergantung dari orangnya mau memilih cara yang mana.

Tetapi bagi anda para pembaca yang menginginkan segera terlepas dari masalah bisul dengan cara yang cepat, tepat dan yang paling penting murah serta tidak menimbulkan efek samping, kami ada beberapa informasi mengenai bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi bisul pada wajah dengan cepat :

1.    Mentimun
Sayur yang satu ini memang telah terbukti khasiatnya untuk kulit terutama untuk membantu menyamarkan noda hitam atau lingkaran hitam pada wajah. Namun tidak hanya itu saja sayur yang banyak mengandung air ini ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi bisul terutama pada area wajah. Gunakanlah parutan mentimun ini setiap dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Penggunaan teratur bahan ini dapat membantu mengatasi masalah bisul pada wajah dengan cepat.

2.    Daun sirih
Cara mengatasi bisul pada wajah yang kedua adalah dengan menggunakan daun sirih. Daun hijau yang satu ini memang terkenal dengan zat antiseptiknya. Kandungan antiseptik pada daun sirih ini memang berfungsi untuk membantu membuhuh mikroorganisme yang kerapkali menginfeksi tubuh manusia. karena itulah banyak produk pembersih kewanitaan yang berbahan dasar daun sirih. Kandungan antiseptik pada daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bisul pada wajah. Caranya adalah gunakan tumbukan daun sirih yang telah halus kemudian tempelkan pada area yang terkena bisul. Maka dengan waktu yang relatif cepat bisul yang berada di wajah akan berangsur-angsur menghilang.

3.    Kantong teh
Teh memang memiliki banyak manfaat termasuk juga untuk mengatasi bisul pada wajah. Kantong teh yang masih hangat jika ditempelkan pada area yang terkena bisul maka dapat membantu mengurangi peradangan akibat bisul.

4.    Lidah buaya
Selain terkenal dengan manfaatnya untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut. Ternyata daging lidah buaya juga memiliki sifat untuk mendinginkan peradangan termasuk peradangan yang diakibatkan oleh bisul. Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk mengatasi bisul, anda dapat mengompres bisul yang teranjur membengkak. Sensasi dingin dari daging lidah buaya tersebut dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan peradangan.

5.    Selalu menjaga kebersihan wajah
Cara mengatasi bisul yang ke lima dan merupakan yang cara yang paling tepat, cepat dan penting untuk dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan wajah. Dengan memiliki wajah yang bersih maka mikroorganisme tidak akan hidup dan bertahan lama pada kulit wajah dan jika tidak ada mikroorganisme maka tidak akan terjadi infeksi yang dapat mengakibatkan bisul.

Oleh karena itu untuk menyempurnakan cara mengatasi bisul dengan bahan alami diatas menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah adalah cara terbaik untuk mengatasi bisul pada wajah.