Minggu, 01 Maret 2015

6 Manfaat Sehat Dengan Konsumsi Sayur Kubis

Manfaat Sehat Dengan Konsumsi Sayur Kubis – Kubis merupakan jenis sayuran yang sering kita jumpai setiap hari. Banyak ibu-ibu menggunakan sayur ini untuk dijadikan pendamping nasi setiap hari. Pastinya anda sudah tahu bahwa sayuran merupakan makanan sehat yang kandungan nutrisinya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun tidak banyak yang tahu apa saja kandungan yang terdapat pada sayur kubis dan manfaatnya.

Sayur Kubis Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kubis merupakan sayuran yang berasal dari Asia dan hingga saat ini kubis tengah dibudidayakan dihampir seluruh negara didunia. Sayur yang memiliki nama latin Brassica Oleracea ini tergolong keluarga dari brokoli, kembang kol, kecambah brussels dan sudah hampir 400 varietas kubis diseluruh dunia. Salah satu kandungan kubis yang baik untuk kesehatan adalah vitamin A, C dan K nya. Kandungan tersebut merupakan jenis kandungan antioksidan alami yang dapat mencegah kita dari bahaya radikal bebas.

Selain itu, ada banyak kandungan lain yang terdapat pada kubis diantaranya Karbohidrat, serat, lemak, protein, thiamine, riboflavin, niacin, folat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium dan seng. Hampir seluruh kandungan tersebut dibutuhkan oleh tubuh kita setiap harinya. Lalu, apa saja kelebihan dari setiap kandungan tersebut? Dan apa manfaatnya jika kita sering mengkonsumsi sayuran kubis? Dibawah ini akan kami paparkan beberapa informasi tentang manfaat sehat mengkonsumsi sayur kubis.

Manfaat Sayur Kubis Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


1. Baik Untuk Otak – Untuk membuat anak menjadi cerdas tentunya sangat dibutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan otak dan salah satu sayuran yang dipercaya dapat membantuk kesehatan mental dan konsentrasi otak adalah sayur kubis. Sayur kubis mengandung antosianin dan vitamin K yang selain bagus untuk kecerdasan otak, tetapi juga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sistem saraf.

2. Anti Sakit Kepala – Jika anda kerap mengalami sakit kepala, cara tradisional yang dapat menyembuhkan sakit kepala adalah dengan menggunakan sayur kubis. Sayur kubis yang telah dihancurkan kemudian diletakkan pada bagian dahi orang yang sedang sakit tersebut. Cara ini dilakukan untuk menurunkan panas dan untuk sakit kepala kronis, jus sayur kubis dapat mengatasi masalah tersebut.

3. Menjaga Kepadatan Tulang – Bukan hanya susu yang baik untuk kepadatan tulang, tetapi sayuran juga baik untuk membentuk tulang yang sehat dan kuat. Salah satu jenis sayur yang banyak mengandung kalsium adalah kubis. Kubis memiliki 40mg (4%) dari setiap 100gram kubis dan kandungan mangan yang baik untuk kepadatan dan kekuatan tulang.

4. Mengurangi Resiko Anemia – Anemia merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah berada dibawah normal. Dengan kondisi seperti ini biasanya anda akan sering mengalami kelelahan, kelopak mata menjadi pucat, sering mual, sakit kepala dll. Untuk mengatasi dan mencegah terjadinya hal-hal tersebut, sebaiknya anda perbanyak mengkonsumsi sayur kubis. Didalam sayur kubis terdapat kandungan folat yang baik untuk proses pembentukan darah sehingga jumlah sel darah merah yang ada didalam tubuh bisa menjadi lebih normal.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh – Kubis memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak dan ini akan membuat sistem kekebalan tubuh anda menjadi lebih kuat sehingga anda akan lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit dan radikal bebas.

6. Menurunkan Berat Badan Secara Alami – Jika anda sedang menjalani prosesi diet alami, sayur kubis bisa menjadi menu pilihan makan anda. Didalam sayur kubis ini terdapat kandungan kalori sebanyak 33. Ini alasannya kenapa kita bisa makan sayur kubis sebanyak mungkin tapi tidak mempengaruhi berat badan anda. Selain itu juga kubis mengandung serat yang akan membuat kita lebih cepat kenyang.

Jadi kesimpulan yang dapat kita ambil dari sayuran hijau yang satu ini menyebutkan bahwa kubis dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti anemia, kanker dan untuk mencegah radikal bebas. Semoga setelah anda mengetahui tentang manfaat sayur kubis ini, anda jadi lebih suka untuk mengkonsumsinya. Sekian dan Terimakasih.