Rabu, 25 Februari 2015

Ragam Khasiat Tanaman Serai Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Serai Untuk Kesehatan – Bagi kalangan ibu-ibu pasti sudah sangat mengenal dekat dengan tanaman ini. Daun serai merupakan jenis tanaman yang kerap dijadikan bumbu dapur untuk menyedapkan masakan. Tanaman ini sudah sangat populer keberadaannya di negara-negara Asia termasuk Indonesia. Serai merupakan rempah yang berasal dari keluarga Poaceae dan memiliki nama latin Cymbopogon Citratur dan berasal dari negara India bagian selatan.

Selain dimanfaat sebagai bumbu dapur ternyata serai juga memiliki manfaat lain yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti-bakteri, anti-mikroba da anti-jamur sehingga dapat mengatasi masalah-masalah kesehatan yang disebabkan olehnya. Kandungan lain yang dapat kita ketahui dari tanaman serai seperti vitamin A, C folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium dan mangan. Semua kandungan tersebut baik untuk kesehatan dan dapat mencegah berbagai macam penyakit.


Jika anda kerap mengalami sakit kepala, nyeri otot dan nyeri sendi, anda bisa menggunakan daun serai untuk mengobatinya karena serai mengandung analgenik yang dapat menghilangkan rasa sakit dan beberapa masalah pencernaan lainnya. Bagi anda yang kurang menyukai makanan yang menggunakan bumbu daun serai dengan alasan tertentu, kami akan berikan beberapa informasi tentang manfaat daun serai.

Dengan mengetahui akan manfaat daun serai diharap anda bisa menyukai rempah-rempah jenis ini. Berikut beberapa penjelasan tentang manfaat tanaman serai bagi kesehatan :

Khasiat Tanaman Serai Untuk Kesehatan

1. Memutihkan Gigi – Bagi yang memiliki masalah pada gigi seperti gigi kuning atau berplak yang diakibatkan karena rokok, pastinya akan membuat anda kurang percaya diri untuk tersenyum atan menunjukkan giginya kepada orang lain. Masalah ini anda tidak perlu khawatir karena ada cara alami yang dapat anda lakukan salah satunya dengan menggunakan daun serai. Caranya tumbuk halus dua hingga tiga serai yang telah dipotong kecil kemudian tambahkan sedikit arang dapur lalu gosokkan pada gigi. Lakukan cara ini hingga 3minggu maka gigi anda akan terlihat putih dan plak akan hilang.

2. Antioksidan Pencegah Kanker – Dalam setiap 100gram serai terkandung antioksidan yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker. Elemen alami yang terdapat didalamnya akan mampu melawan sel-sel aktif penyebab kanker tanpa merusak sel sehat.

3. Mengatasi Gangguan Perut – Masalah yang kerap terjadi pada perut seperti diare, nyeri dan sembelit dapat diatasi dengan menggunakan daun serai. Didalam daun serai terdapat minyak atsiri yang memiliki sifat anti mikroba dan anti bakteri. Kedua sifat tersebut akan melawan infeksi dan virus penyebab yang menggangu perut dan lambung anda.

4. Mengatasi Bau Badan – Serai merupakan tanaman yang memiliki bau khas sehingga sereh dipercaya dapat mengatasi bau badan. Hal ini sudah terbukti dalam proses pembuatan deodoran sendiri terdapat daun serai yang digunakan sebagai bahan dasarnya. Sifat dari daun serai sendiri dapat membersikhan dan memerangi bau badan tak sedap. Jika kaki anda sering mengeluarkan bau tak sedap, anda bisa merendam kaki pada air yang telah dicampuri daun serai.

5. Mengatasi Reumatik – Serai efektif dapat menyembuhkan rematik hanya dengan mengoleskan daun serai ke bagian yang terasa sakit maka dengan cepat rasa sakit tersebut akan segera hilang. Selain mujarab, cara ini juga terbilang cukup murah karena bahan yang digunakannya pun mudah didapat.

6. Mengatasi Obesitas – Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan masalah yang kerap dialami setiap orang. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi obesitas dan salah satu cara alami yang dapat anda lakukan yaitu dengan menggunakan daun serai. Daun serai mengandung citral yang terbukti ampuh dan efektif mengatasi obesitas karena daun serai mampu mencegah akumulasi lemak dan mempromosikan penggunaan energi sehingga akan membantu mencegah naiknya berat badan.

Diatas merupakan beberapa manfaat kecil yang dapat kita peroleh dari tanaman serai. Namun meskipun aman dan bermanfaat bukan berarti daun serai tidak memiliki efek yang kurang baik jika digunakan salah satunya yaitu penggunaan teh herbal sereh. Jika anda memiliki alergi terhadap makanan atau minuman tertentu, usahakan anda menghindari teh hijau serai karena dapat mengakibatkan reaksi alergi pada tubuh anda.

Untuk itu sebelum anda menggunakannya untuk obat herbal, kenali terlebih dulu manfaat dan efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan daun serai ini. Sekian dan Terimakasih.