Jumat, 27 Februari 2015

Manfaat Salak, Sibuah Bersisik Yang Menyehatkan Tubuh

Manfaat Salak, Sibuah Bersisik Yang Menyehatkan – Siapa yang tak mengenal buah bersisik ini? Hampir diseluruh pelosok Indonesia kita bisa menjumpai buah ini. Ya, nama dari buah ini adalah salak. Salak merupakan buah asli asal Indonesia yang hingga saat ini keberadaannya telah diakui oleh negara internasional lainnya.  Buah yang memiliki nama latin Salacca Salak ini termasuk jenis tumbuhan palem yang jika dalam bahasa inggris sering disebut snake fruit atau buah ular karena bentuk kulitnya yang hampir menyerupai sisik ular.

Manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh anda

Kita memang mengenal dekat dengan buah salak ini tapi tak jarang yang tahu bahwa salak pondoh  memiliki kandungan nutrisi yang bagus khasiatnya untuk tubuh kita. Kandungan nutrisi yang terdapat pada salak antara lain vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6, Kalsium, besi, kalium, fosfor, magnesium, tembaga, mangan, C sistein, F Fenilalanin masih banyak kandungan nutrisi lainnya.

Untuk cara makannya anda dapat mengkonsumsinya secara langsung ataupun bisa juga dengan diolah menjadi sebuah makanan yang enak dan menarik seperti manisan, asinan, dikalengkan dalam bentuk kemasan atau dijadikan keripik salak. Saat ini dinegara-negara tentangga seperti Malaysia, Filiphina hingga Thailand tengah membudidayakan buah salak untuk dijadikan sebagai sekedar buah tangan atau cemilan yang sehat.

Maksud dari cemilan yang sehat ini adalah cemilan yang baik untuk kesehatan dan tidak menimbulkan efek yang kurang baik bagi kesehatan bahkan cenderung bermanfaat untuk menyembukan suatu penyakit atau masalah kesehatan. Langsung saja kami akan berikan sedikit informasi tentang manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah :

Manfaat Salak Bagi Kesehatan Tubuh

1. Untuk Mengatasi Masalah Diare /Mencret – Jika anda terkena diare atau mencret, anda bisa mengkonsumsi salak untuk mengatasinya. Salak memiliki rasa sepat yang mampu membuat buang air besar anda menjadi lancar, tapi pilihlah salak yang masih muda dan sepat. Konsumsilah setiap hari minimal 5 hingga 10 buah salak hingga diare anda sembuh.

2. Untuk Membantu Program Diet – Bagi anda yang sedang menjalani diet, salak bisa menjadi menu cemilan anda setiap hari. Salak mengandung zat gizi fitonutrien dan kaya akan serat yang berpotensi membantu program diet. Perlu anda ketahui bahwa makanan yang banyak mengandung serat akan membuat kita cepat kenyang meski kita hanya mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit. Untuk itu, salak merupakan makanan yang baik untuk proses diet alami.

3. Meningkatkan Kecerdasan Otak – Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa salak dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak karena kandungan pektin dan pottasium yang dimilikinya. Pottasium merupakan zat yang mengendalikan detak jantung, meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya. Selain itu juga kandungan pektin pada salak dipercaya dapat mencegah anda dari kanker prostat.

4. Menjaga Kesehatan Mata – Sama halnya dengan wortel, Salak memiliki kandungan betakaroten yang efektif untuk memelihara kesehatan mata. Berdasarkan penelitian para ilmuan menyebutkan bahwa kandungan betakaroten yang terdapat pada buah salak lebih besar 5,5kali lipat dari buah mangga dan 5 kali lipat lebih besar dari semangka. Jika anda bosan mengkonsumsi wortel setiap hari hanya untuk menjaga kesehatan mata, anda dapat mengganti menu anda tersebut dengan jus salak.

5. Digunakan Sebagai Cemilan Sehat – Salah satu cemilan sehat yang tak bikin gemuk adalah salak dan perlu diketahui bahwa pada buah salak terdapat kulit seperti kulit ari yang melapisi daging salak. Pada kulit tersebutlah yang memiliki kandungan serat terbanyak, untuk itu jika anda hendak memakan salak sebaiknya kulit arinya tidak perlu dibuang agar tidak mengurangi kadar nutrisi yang dimilikinya.

Buah salak ini tidak terlalu bagus untuk ibu yang sedang hamil karena buah ini mengandung obat anti diare dan bisa menyebabkan konstipasi atau kecenderungan kesulitan dalam BAB pada ibu hamil. Maka dari itu dianjurkan untuk tidak terlalu mengkonsumsi buah salak selama proses kehamilan.


Demikian informasi mengenai manfaat buah salak, sibuah bersisik yang menyehatkan. Semoga informasi ini dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan Terimakasih.