Rabu, 25 Februari 2015

Macam-macam Bumbu Masakan Alami dan Khasiatnya Untuk Tubuh

Macam-macam Bumbu Masakan Alami dan Khasiatnya Untuk Tubuh – Sebuah masakan tidak akan memiliki rasa tanpa adanya peran bumbu sehingga bumbu masakan merupakan barang wajib yang harus ada dalam setiap masakan apapun itu jenisnya. Selain memiliki cita rasa, bumbu dapur juga mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita seperti halnya bawang merah.


Bawang merang merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki akar serabut yang jika digunakan sebagai bumbu masakan akan memberikan aroma dan rasa yang gurih sehingga banyak orang yang menggunakannya sebagai bumbu wajib. Tapi apakah anda tahu apa saja kandungan yang terdapat pada bawang putih? Bawang putih banyak mengandung vitamin C, fosfor, protein dan flavonglikosida yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Dalam dunia kuliner, bumbu dapur terbagi menjadi beberapa golongan. Golongan pertama yaitu sering disebut bumbu basah seperti kunyit, kencur, jahe, serai, cabe dan bawang-bawangan. Golongan kedua adalah bumbu kering yang terdiri dari kayu manis, lada, pala, jinten, ketumbar, cengkeh dll. Dan golongan yang terakhir adalah bumbu buatan seperti garam, cuka, terasi, kecap dsb.

Semua jenis bumbu tersebut memiliki peran dan manfaat tersendiri bagi kesehatan bahkan jika dibandingkan obat toko yang banyak mengandung bahan kimia dan dapat menyebabkan ketergantungan, alangkah baiknya jika kita menggunakan rempah-rempah sebagai obat tradisional. Lalu jenis bumbu dapur apa saja yang dapat kita manfaatkan dan apa khasiatnya jika kita mengkonsumsi rempah tersebut? Berikut uraian lengkap yang dapat kami informasikan untuk anda.

Macam-macam Bumbu Masakan Alami dan Khasiatnya Untuk Tubuh

Jahe – Jahe merupakan jenis bumbu dapur yang banyak mengandung minyak atsiri, fellandren, kamfer, asam amino, vitamin A, B1 dan vitamin C. Bagi ibu-ibu yang sedang hamil muda yang kerap mengalami mual pada masa kandungannya, anda bisa mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh dengan air hangat atau dibuat jamu karena jahe dipercaya dapat menghilangkan rasa mual pada masa kehamilan. Selain itu juga jahe bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala, batuk, pilek, sakit pinggang dan rematik.

Bawang Merah – Banyak manfaat yang kita peroleh dari bumbu dapur jenis ini salah satunya yaitu untuk mengatasi batuk dan pilek pada bayi karena sifat dari bawang merah sendiri dapat menghangatkan tubuh. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengobati demam, perut kembung dan melancarkan buang air kecil. Kandungan vitamin, zat pati, metilallin, dihidroallin yang dimilikinya kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Bawang Putih – Seperti layaknya sebuah keluarga, bawang putih adalah kerabat dekat bawang merah. Namun keduanya memiliki manfaat yang berbeda karena kandungan yang terdapat pada kedua bumbu dapur ini juga berbeda. Bawang putih memiliki banyak manfaat terutama bagi tubuh kita karena bawang putih dipercaya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu juga bawang putih dapat mencegah kita dari penuaan dini, penyakit kanker, menurunkan kolesterol, mencegah depresi dan lain sebagainya.

Cabe – Bumbu yang terkenal dengan rasanya yang pedas ini sangat banyak diminati masyarakat. Selain dapat menciptakan citarasa tersendiri, cabe juga bermanfaat bagi tubuh terutaman masalah kesehatan seperti mencegah stroke, mengatasi sakit kepala, anti biotik alami dan meningkatkan napsu makan. Namun dalam penggunaan cabe tidak boleh secara berlebihan karena makanan yang terlalu pedas akan menimbulkan efek seperti mules dan diare.

Merica – Bentuk dari bumbu ini hampir sama dengan ketumbar hanya saja merica terlihat lebih kecil dan rasanya sedikit pedas. Namun perlu anda ketahui bahwa merica juga sama seperti bumbu-bumbu yang lain yaitu memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Salah satu manfaat yang dapat kita peroleh dari penggunaan bumbu dapur merica adalah untuk mengatasi penyakit asma. Selain itu juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau keringat, menyegarkan badan, rematik, sakit kepala, impotensi dan untuk meningkatkan stamina pada pria.

Terkadang seseorang tidak menyukai bumbu dapur jenis tertentu. Entah apa itu alasannya tetapi semoga setelah anda membaca artikel ini, diharap anda bisa menyukai dan mau mengkonsumsinya karena memang sangat baik untuk kesehatan kita semua. Sekian dan Terimakasih.