Senin, 23 Februari 2015

Khasiat Sehat dan Keuntungan Minum Yoghurt

Khasiat Sehat dan Keuntungan Minum Yoghurt – Yoghurt merupakan jenis minuman yang dihasilkan susu yang telah diolah melalui proses fermentasi bakteri sehingga menghasilkan minuman yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Susu yang biasanya digunakan dalam proses pembuatan yoghurt adalah susu sapi dan susu kedelai kemudian diolah dengan berbagai varian rasa sesuai selera. Seperti halnya Yakult, yoghurt ini sangat baik jika kita mengkonsumsinya setiap hari agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit.


Tekstur dari yoghurt sendiri hampir mirip seperti es krim, lembut dan sedikit kental memiliki citarasa tersendiri ketika kita mengkonsumsinya ditambah rasa yang sedikit asam pastinya akan mengundang selera. Karena dibuat dengan menggunakan susu, yoghurt ini banyak mengandung kalsium, protein, mineral dan beberapa vitamin yang penting bagi kesehatan. Keberadaan yoghurt sendiri hingga saat ini sudah sangat populer baik untuk kalangan orang dewasa maupun anak-anak.

Bagi wanita yang rajin mengkonsumsi yoghurt, ia akan memiliki sistem pertahanan tubuh yang kuat terutama pada bagian intimnya karena yoghurt memiliki kemampuan untuk memcegah bakteri dan infeksi yang dapat menyerang bagian reproduksinya kapan saja. Selain itu juga wanita yang rutin mengkonsumsi yoghurt maka akan terhindar dari gangguan seperti alergi, keputihan dan gatal-gatal.

Hal tersebut merupakan segelintir manfaat yang dihasilkan dari yoghurt dan masih banyak lagi manfaat lain yang dapat kita peroleh darinya. Salah satu manfaat lainnya adalah :

Khasian Sehat dan Manfaat Minum Yoghurt Setiap Hari

1. Menangkal Penyakit – Inilah manfaat yang paling baik yang dapat kita peroleh dari rutin minum yoghurt yaitu menangkal berbagai macam penyakit. Yoghurt mengandung probiotik yang mampu melawan berbagai macam penyakit yang datang menyerang tubuh kita. Probiotik ini merupakan zat yang mampu melawan dan menghancurkan bakteri dan jamur yang beracun. Dan jika anda memiliki alergi terhadap cuaca atau makanan tertentu, anda juga bisa menggunakan yoghurt ini untuk mengatasinya karena yoghurt mengandung zat yang dapat meningkatkan jumlah sel sistem kekebalan tubuh.

2. Baik Untuk Sistem Pencernaan – Untuk menjaga sistem pencernaan ada banyak hal yang dapat anda lakukan salah satunya dengan rutin minum yoghurt. Jika anda kerap mengalami masalah seperti diare ketika anda minum susu, yoghurt bisa menjadi pilihan lain yang tak kalah bagusnya dari susu. Susu fermentasi ini sangat bermanfaat bagi pencernaan yaitu untuk mengontrol tingkat keasaman didalam usus dan lambung sehingga bakteri sehat ini akan mencegah kita dari berbagai masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan sebagainya.

3. Mengatasi Bau Mulut – Bau mulut kerap terjadi karena bakteri yang bersarang disekitar mulut dan gigi. Yoghurt merupakan minuman anti bakteri yang dapat mengatasi masalah anda ini dan selain itu dengan mengkonsumsi yoghurt akan membuat nafas anda kembali segar dan bersih dari bakteri.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi – Jika anda memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, minuman yoghurt ini sangat baik bagi anda agar tekanan darah sedikit demi sedikit berangsur kembali normal. Yoghurt mengandung kalium yang baik dan cocok untuk penderita hipertensi terlebih jika dikonsumsi secara rutin.

5. Menjaga Kesehatan Tulang – Kandungan kalsium yang tinggi membuat yoghurt kerap dikonsumsi para lansia yang kondisi tulangnya mulai rapuh dan keropos. Yoghurt ini selain mengandung kalsium tinggi juga mengandung vitamin D yang dapat mengatasi masalah osteoporosis.

6. Menurunkan Berat Badan – Berdasarkan study yang dilakokan oleh International Journal of Obesity pada tahun 2005 menyebutkan bahwa kalsium yang tedapat pada yoghurt akan memproses pembakaran dan penyusutan lemak yang terdapat didalam tubuh. Bagi anda yang tengah menjalani diet, yoghurt bisa menjadi menu tambahan anda untuk mengatasi obesitas.

Beribu macam manfaat yang dihasilkan dari yoghurt yang tidak kita ketahui dan semoga setelah membaca artikel ini anda lebih menyukai minuman bermanfaat tersebut. Sekian dan Terimakasih.