Senin, 23 Februari 2015

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Markisa

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Markisa – Siapa yang sudah pernah mencoba buah ini? Marsika merupakan buah yang cukup populer keberadaannya, namun masih terbilang jarang orang yang mengkonsumsi buah ini secara langsung karena rasa dari markisa sendiri lebih dominan ke asamnya daripada manis. Markisa biasanya dikonsumsi dengan cara dijus terlebih dahulu atau untuk campuran sup buah akan menambah aroma dan rasa yang khas.


Buah markisa memiliki nama latin Passiflora Quadrangularis L dan banyak tumbuh didaerah yang tropis dan subtropis. Di Indonesia sendiri markisa banyak tumbuh didaerah Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan karena didaerah tersebut merupakan sentral produksi markisa. Konon kabarnya kandungan vitamin C yang terdapat pada markisa hampir sama dengan yang dimiliki jeruk. Selain kandungan vitamin C yang tinggi, buah markisa juga mengandung nutrisi lain seperti Energi, protein, karbohidrat, lemak, kolesterol, serat, folates, niacin, thiamin, magnesium, kalsium, fosfor dan masih banyak lagi.

Kandungan nutrisi ini lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk dan ini merupakan suatu kabar gembira untuk ibu-ibu yang sedang hamil. Ibu yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai buah termasuk markisa. Kandungan serat dan antioksidan didalamnya sangat dianjurkan untuk kekebalan tubuh ibu dan jabang bayi yang dikandungnya.

Ada beberapa jenis buah markisa yang ada di Indonesia. Ada markisa ungu, markisa konyal, markisa kuning dan markisa erbis. Semua jenis markisa ini sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi buah markisa? Dibawah ini ada beberapa informasi tentang manfaat buah markisa untuk kesehatan dan berikut ulasannya.

Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan

1. Markisa Untuk Ibu Hamil – Seperti yang telah kami bahas diatas bahwa mengkonsumsi buah markisa baik untuk kesehatan ibu yang sedang hamil dan setelah bayi lahir, maka bayi sudah boleh mengkonsumsi buah markisa karena sebelum lahir atau pada masa didalam kandungan bayi tersebut sudah terbisa merasakan rasa buah markisa.

2. Markisa Untuk Kesehatan Kulit – Bagi anda yang ingin memiliki kulit yang putih, lembut dan halus anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan cara di jus secara rutin. Kandungan vitamin C yang tinggi akan mampu mencerahkan pigmen kulit sehingga anda tidak perlu melakukan suntik serum vitamin C di klinik kecantikan karena asupan vitamin C sudah tercukupi untuk mendapatkan kulit yang putih dan berseri.

3. Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur – Insomnia dapat terjadi karena berbagai masalah seperti setres dan makanan atau minuman yang banyak mengandung kafein. Untuk mengatasi masalah anda tersebut, anda bisa coba menggunakan buah markisa dengan cara mengkonsumsinya disiang hari. Hal ini dikarenakan markisa memiliki efek yang dapat membuat anda cepat mengantuk setelah mengkonsumsinya sehingga sangat bermanfaat untuk orang yang susah tidur.

4. Sebagai Sumber Energi – Setiap hari kita beraktifitas tentunya membutuhkan energi yang cukup. Markisa dapat membantu meningkatkan stamina anda dan kandungan mineral yang terdapat didalamnya dapat mencegah dehidrasi sehingga anda akan lebih bersemangat dalam beraktifitas.
Dapat Mengobati Asma – Asma atau sesak nafas bisa dibilang penyakit yang cukup berbahaya. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut anda dapat mengkonsumsi buah markisa secara rutin. Kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya dan zat lain mampu memblokir histamine yang digadang sebagai penyebab asma.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan – Terkadang kita kurang memperhatikan jenis makanan apa yang masuk kedalam tubuh kita sehingga kerap menimbulkan masalah pada pencernaan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan makanan khusus yang dapat melancarkan sistem pencernaan seperti buah markisa ini. Markisa mengandung serat yang tinggi sehingga sangat ampuh untuk mengatasi sistem pencernaan yang tidak teratur seperti susah buang air besar, diare, sembelit dan wasir.

Selain beberapa hal diatas juga sempat dilakukan penelitian di University of Florida yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi buah markisa kuning setiap hari dapat melawan dan membunuh sel-sel kanker dan penyebab lain timbulnya penyakit kanker. Demikian ulasan tentang manfaat buah markisa yang dapat kami informasikan semoga bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.