Sabtu, 21 Februari 2015

Inilah Penyebab dan Cara Mengobati Mimisan Tradisional

Inilah Penyebab dan Cara Mengobati Mimisan – Pernahkan anda mengalami ketika beraktifitas kemudian keluar darah dari lubang hidung? Inilah yang sering disebut dengan istilah mimisan. Mimisan atau epistaksin merupakan pendarahan yang keluar dari lubang hidung dan hal ini disebabkan karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil sehingga memicu keluarnya darah melalui lubang hidung. Mimisan biasanya terjadi pada anak dan hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal.


Penyebab mimisan salah satunya yaitu karena cuaca. Cuaca yang panas kerap menimbulkan masalah pada pembuluh darah atau yang sering disebut iritasitasi sehingga dapat memicu terjadinya mimisan.

Penyebab yang kedua mimisan dapat terjadi karena seseorang mengidap tumor pada rongga hidung atau dalam istilah kedokteran disebut dengan angiofibroma. Biasanya pada lubang hidung akan tumbuh semacam benjolan kecil yang berwarna merah keputihan dan ini biasanya terjadi pada anak muda dan orang dewasa.

Penyebab terakhir mimisan bisa terjadi karena demam berdarah karena mimisan sendiri termasuk tanda-tanda awal anda terkena demam berdarah. Pada kasus ini biasanya diikuti pendarahan pada bagian organ tubuh lainnya. Bahaya mimisan tergantung dari penyebabnya, jika mimisan yang terjadi disebabkan karena demam berdarah berati tandanya mimisan tersebut berbahaya dan perlu mendapat penanganan dokter ahli.

Jika anda mengalami mimisan, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati atau mengatasi masalah anda tersebut. Dibawah ini kami akan berikan beberapa tindakan yang dapat anda lakukan diantaranya adalah :

1.    Memencet hidung dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk agar darah tidak lagi keluar. Lakukan cara ini selama 3 sampai 5menit namun ketika memencet hidung sebisa mungkin jangan terlalu keras dan ketika itu bernafaslah dengan menggunakan mulut. Jika sudah, pelaskan secara perlahan sampai darah tidak lagi keluar. Namun jika darah tetap saja keluar, lakukan hal itu kembali sampai pendarahan benar-benar telah terhenti.

2.    Kompres hidung dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi air es. Hal ini bertujuan untuk membekukan darah yang keluar dari hidung sehingga pendarahan pun tidak terjadi lagi.

3.    Menggunakan daun sirih. Cara ini merupakan cara yang paling banyak orang lakukan ketika ia mengalami mimisan. Ambil 1lembar daun sirih yang masih muda kemudian remas dan gulung hingga membentuk seperti corong. Sumbatkan daun sirih tersebut kelubang hidung yang mengalami mimisan dan biarkan beberapa saat sambil kepala menghadap keatas agar darah tidak mengalir.

4.    Bersandarlah dengan posisi kepala menunduk kedepan agar darah tidak mengalir kebagian belakang, kerongkongan dan lambung karena darah yang tertelah dapat mengakibatkan kita batuk dan muntah-muntah. Dengan posisi seperti ini maka aliran darah menjadi lambat dan posisi jantung tetap berada lebih rendah dari hidung. Sebisa mungkin ketika anda mengalami mimisan, jangan berbaring ditempat tidur  karena hal ini akan membuat darah tertelan dan sejajar dengan jantung.

5.    Apabila semua cara diatas telah anda lakukan namun darah tetap saja mengalir dengan kondisi suhu tubuh yang meningkat, segeralah anda periksa kesehatan anda kedokter karena bisa jadi ini merupakan gejala awal sebuah penyakit berbahaya. Namun anda tidak perlu panik ketika mengalami hal tersebut dan biarkan dokter yang menangani hal tersebut karena dokter lebih tahu dari mana sumber darah tersebut keluar.

Semoga informasi yang telah kami berikan diatas dapat membantu anda dalam mengatasi masalah mimisan. Selain ketiga penyebab yang telah kami sebutkan diatas, ada juga penyebab-penyebab lain yang mengakibatkan anda mengalami mimisan diantaranya karena kelainan pembuluh darah, infeksi, alergi terhadap makanan atau bau-bauan tertentu, gangguan hormon, berubahan udara atau tekanan atmosfir dll. Sekian dan Terimakasih.