Jumat, 20 Februari 2015

Ini Dia, Manfaat Mengkudu Bila Dikonsumsi Wanita

Ini Dia, Manfaat Mengkudu Bila Dikonsumsi Wanita -  Salah satu buah yang memiliki seribu manfaat bagi kesehatan adalah mengkudu. Mengkudu atau yang sering kita sebut buah pace ini banyak tumbuh di kepulauan Asia seperti Asia Tenggara, India dan Australia. Orang-orang di Indonesia sendiri kerap menggunakan buah ini untuk dibuat rujak atau sejenis makanan tradisional lainnya. Keberadaan mengkudu di Indonesia sendiri masih dipandang sebelah mata karena masih banyak yang kurang mengetahui tentang manfaat dan khasiat yang dihasilkan dari mengkudu.

Manfaat buah Pace atau Mengkudu

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dan didukung pendapat dokter bahwa mengkudu dapat menurunkan tekanan darah pada wanita yang tengah mengalami preeklamsi ringan. Buah ini mengandung asam askorbat, arginin dan skopeletin yang dapat melebarkan pembuluh darah dan kandungan asam askorbat yang dimilikinya merupakan senyawa antioksidan yang dapat mencegah kita dari radikal bebas.

Kandungan lain didalamnya seperti vitamin A, B kompleks, C sulfur, kaluim, kalsium dan fosfor ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Bukan hanya buahnya saja yang dapat kita manfaatkan, ternyata daunnya juga memiliki manfaat yang tak kalah bagusnya dengan mengkudu. Daun mengkudu dapat kita gunakan untuk masalah kecantikan seperti melangsingkan tubuh dan mengatasi jerawat.

Berikut ini ada beberapa informasi yang dapat anda ketahui tentang manfaat buah mengkudu bagi wanita.


1. Untuk Pemulihan PMS – Pada wanita yang tengah mengalami PMS (Premenstrual Syndrome) akan lebih mudah marah dan sensitif terhadap sesuatu. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon dan untuk mengatasi masalah tersebut biasanya wanita akan minum seperti jamu atau produk ternama yang dapat dibeli di supermarket terdekat. Namun selain itu ada pula cara alami yaitu dengan menggunakan mengkudu. Mengkudu memiliki unsur senyawa aktif yang dapat membantu menenangkan emosi ketika wanita mengalami menstruasi.

2. Untuk Menjaga Kesehatan Tulang – Dengan minum susu saja tidak cukup untuk membuat tulang kita sehat. Banyak nutrisi lain yang tidak dimiliki susu namun sangat dibutuhkan oleh tulang yang salah satu nutrisi tersebut terdapat pada buah mengkudu. Mengkudu memiliki kandungan asam kapril, metil asetil, morindin, morindone, morindadiol dan sorandiyiol yang dapat mengatasi osteoporosis pada wanita usia dewasa. Wanita yang berusa antara 40 hingga 50th memiliki mengalami tulang keropos dan untuk mencegah hal tersebut anda dapat mengkonsumsi buah mengkudu dengan cara dijus secara teratur.

3. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit – Mungkin hal ini masih asing ditelinga anda bahwa mengkudu dapat menjaga kesehatan rambut. Namun beberapa peneliti telah membuktikan kebenarannya bahwa dengan menggunakan mengkudu dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Caranya anda hanya cukup menggosok-gosokkan mengkudu yang telah dikupas kebagian kulit kepala secara rutin. Dan untuk perawatan kulit lakukan hal yang sama yaitu dengan mengupas dan menggosok-gosokkan kebagian kulit maka secara perlahan kulit akan menjadi halus dan berseri. Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Mencegah Penyakit Kanker – Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit kanker yaitu salah satunya dengan mengkonsumsi buah mengkudu setiap hari. Mengkudu dapat melawan sel-sel virus yang dapat menyebabkan kanker karena didalam buah mengkudu sendiri terdapat senyawa anti-kanker dan salah satu kanker yang dapat dicegah menggunakan buah mengkudu adalah kanker payudara dan kanker serviks.

Bukan hanya untuk wanita tetapi bagi pria juga mengkudu memiliki manfaat yang sama yaitu mencegah osteoporosis dan penyakit kanker. Jika disekitar kita banyak tumbuh tanaman mengkudu atau pace yang diabaikan, mulai saat ini manfaatkanlah buah tersebut untuk kesehatan anda karena melakukan pencegahan merupakan suatu tindakan yang harus dilakukan agar anda tidak terkena penyakit berbahaya. Sekian dan Terimakasih.