Jumat, 20 Februari 2015

Ini Dia 7 Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidan

Ini Dia Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidan – Salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh adalah antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang berfungsi untuk melindungi kita dari bahaya radikal bebas dan untuk memperlambat proses penuaan. Tubuh yang memiliki antioksidan rendah, maka ia akan kerap mengalami stres insidatif dan hal ini dapat memicu kita terkena penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker.


Lalu bagaimana cara antioksidan memerangi antioksidan dan masalah-masalah lainnya? Antioksidan akan memerangi dan menghentikan proses perusakan sel dengan cara memberikan elektron kepada radikal bebas sehingga tidak akan menimbulkan penyakit yang disebabkan olehnya.

Selain kedua penyakit tersebut, makanan yang kaya antioksidan akan membuat tubuh kita menjadi kuat dan kebal dari berbagai serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Antioksidan juga sangat efektif untuk mencegah terjadinya gangguan pada mata seperti degenerasi makula dan glaukoma. Ada banyak sekali jenis makanan, buah dan minuman yang kaya akan antioksidan.

Sayuran termasuk makanan yang kaya antioksidan. Ada berbagai macam jenis sayur seperti brokoli, kubis, sawi, lobak, paprika, terong dan wortel masuk dalam kategori sayuran yang mengandung antioksidan tinggi.

Berikut ini akan kami informasikan jenis-jenis makanan yang kaya antioksidan.


1. Bawang Putih – Sudah banyak yang tahu bahwa bawang putih merupakan jenis bumbu dapur, tetapi jika berbicara masalah kandungan sepertinya kurang banyak yang mengetahui bahwa ternyata bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dalam sebuah studi yang dilakukan di negara Ceko menyebutkan bahwa bawang putih dapat mencegah kita dari kolesterol tinggi, darah tinggi dan penyakit jantung.

2. Biji-bijian – Makanan biji-bijian seperti gandum, jagung, beras merah dan quinoa merupakan jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Selain antioksidan, makanan jenis ini juga terdapat kandungan lain seperti mineral, serat dan protein yang sangat cocok digunakan untuk mengawali proses hidup sehat dengan makan makanan yang sehat.

3. Teh Hijau – Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dalam satu porsi teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi bahkan melebihi kadar antioksidan yang dimiliki pada brokoli. Selain itu juga teh hijau memiliki kandungan atau zat yang dapat menetralisir kita dari bahaya radikal bebas. Tentunya ini sangat bermfaat dan bisa menjadi menu pilihan anda dipagi hari sambil membaca koran dan ditemani sepiring makanan kecil.

4. Strawberry – Siapa sih yang tidak mengenal buah strawberry? Buah ini sangat disukai terutama kalangan anak-anak. Strawberry selain banyak mengandung vitamin C rupanya juga banyak mengandung antioksidan yang dapat menjaga kulit kita agar tetap sehat serta mencegah penuaan dini. Dengan dukungan vitamin Cnya yang akan menghalangi kerusakan pada kulit akibat radikal bebas membuat strawberry banyak digunakan terutama untuk masalah kecantikan.

5. Wortel – Selama ini mungkin kita hanya mengetahui bahwa wortel merupakan jenis sayuran yang banyak vitamin A dan baik untuk kesehatan mata. Tetapi bukan hanya itu, wortel juga mengandung antioksidan yang dapat melawan sel kanker dan wortel merupakan sumber betakaroten yang baik.

6. Anggur – Sama halnya dengan strawberry, anggur juga banyak diminati terutama anak-anak. Meskipun harganya sedikit mahal, tetapi buah ini kaya akan vitamin dan antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan kita. Ada dua jenis anggur yaitu anggur merah dan anggur hijau. Anggur merah adalah jenis anggur yang merupakan sumber antioksidan terbaik dan dipercaya dapat memperhambat penyakit jantung dan kanker.

7. Cokelat Hitam – Cokelat hitam banyak digunakan ibu-ibu untuk keperluan memasak baik itu untuk membuat kue ataupun yang lainnya. Tetapi pada dasarnya cokelat hitam adalah jenis makanan yang kaya akan antioksidan dan kerap digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Namun anda perlu berhati-hati dalam pemilihan cokelat hitam karena banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja mencampuri cokelat hitam dengan menggunakan pemanis buatan seperti gula atau jenis pemanis lainnya.

Pada dasarnya makanan yang kaya antioksidan merupakan jenis makanan yang berasal dari buah dan sayur. Untuk itu perbanyaklah anda mengkonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan antioksidan didalam tubuh dapat terpenuhi dan anda akan terhindar dari segala bentuk penyakit berbahaya.

Demikian informasi mengenai Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidan, semoga dapat dijadikan sebagai referensi. Sekian dan Terimakasih.