Kamis, 19 Februari 2015

Informasi Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Rambutan

Informasi Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Rambutan – Buah rambutan merupakan buah musiman dimana pohon rambutan kerap berbuah ketika musim tropis tiba. Buah yang berasal dari Indonesia ini memiliki nama latin Nepheliom Laapeceum dan dapat kita jumpai di beberapa negara lain seperti Malaysia, Kamboja, Filipina, Srilanka, Thailand, Ekuador, Australia dan India. Buah rambutan identik dengan warnanya yang merah marun dengan rambut yang mengelilingi kulitnya, namun sebenarnya ada juga rambutan yang hanya berwana kuning.

Perbedaan buah ini hanyalah soal rasa, buah rambutan yang berwarna kuning rasanya lebih manis jika dibandingkan yang merah dan untuk kandungannya sendiri keduanya memiliki nutrisi yang sama-sama baik untuk kesehatan tubuh. Rambutan mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh sehingga anda tidak perlu khawatir untuk beraktifitas sehari-hari. Selain itu ada juga kandungan protein, kalsium, zat besi, fosfor, niacin, pitassium, magnesium, dll.


Jika anda ingin memiliki penglihatan yang tajam, anda juga bisa mengkonsumsi buah ini karena rambutan kaya akan vitamin A nya yang baik untuk kesehatan mata. Berbicara tentang kandungan sepertinya tidak ada habisnya, sekarang kita lanjutkan ke masalah manfaat. Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh tentunya dengan mengkonsumsi buah rambutan ini. Salah satu manfaat mengkonsumsi rambutan bagi kesehatan adalah :

1. Menyembuhkan Penyakit Yang Diakibatkan Kekurangan Vitamin C – Sebelumnya mungkin belum dibahas bahwa rambutan memiliki kandungan vitamin C yang bagus untuk mencegah beberapa penyakit yang kerap timbul seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan dan susah buang air besar. Selain itu, dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, rambutan juga dapat mengembalikan daya ingat yang mana jika seseorang semakin tua pasti akan mudah lupa.

2. Mendukung Program Diet – Meskipun kandungan fruktosa dan sukrosa yang terdapat pada rambutan cukup tinggi, tetapi rambutan merupakan buah yang rendah kalori sehingga sangat cocok untuk membantu program diet anda. Selain rendah kalori, rambutan juga mengandung kalium, kalsium dan magnesium sebagai pendukung program diet.

3. Anti Kanker – Menurut study yang pernah dilakukan di University of Chiang Mai Thailand menyebutkan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada rambutan baik dari kulit, buah maupun bijinya mampu mengurangi kadar kolesterol yang bersifat anti kanker dan anti inflamasi.
Pembentukan Darah – Rambutan yang rasanya manis terdapat zat yang dibutuhkan untuk proses pembentukan sel darah putih dan sel darah merah. Rambutan juga dapat mencegah anda terkena anemia.

4. Menyembuhkan Diare – Jika anda terkena diare, berarti anda mengalami sedikit masalah pada pencernaan anda dimana lambung mengalami gangguan yang disebabkan karena adanya bakteri yang masuk kedalam perut baik itu melalui makanan atau minuman. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat mengkonsumsi rambutan agar pencernaan anda kembali lancar.

5. Menyembuhkan Penyakit Radang – Radang terbagi menjadi beberapa jenis salah satunya yaitu radang sendi, radang tenggorokan, radang paru-paru dan sebagainya. Hal ini biasanya terjadi karena adanya inflamasi atau peradangan yang terjadi pada bagian tersebut dan jika dibiarkan terus-menerus, maka radang tersebut bisa berbahaya. Salah satu cara yang sering digunakan untuk mengatasi radang yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung antiinflamasi seperti rambutan.

6. Menyembuhkan Penyakit Hipertensi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan karena meningkatnya cairan darah didalam tubuh menekan dinding arteri sehingga beresiko pada masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke. Agar penyakit hipertensi ini dapat dicegah dan diobati, buah rambutan bisa anda jadikan solusi untuk mengatasi masalah anda tersebut.

Perlu diingat bahwa mengkonsumsi rambutan memang baik bagi kesehatan, tetapi konsumsilah dalam jumlah wajar atau tidak berlebihan. Mengkonsumsi makanan secara berlebihan apapun itu pastinya kurang baik terutama bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.