Kamis, 19 Februari 2015

Dampak Buruk Mendengarkan Musik Menggunakan Earphone

Dampak Buruk Mendengarkan Musik Menggunakan Earphone – Kegiatan yang sering kita lakukan diwaktu senggang biasanya kerap digunakan untuk mendengarkan musik dan untuk mendengarkan musik dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu menggunakan earphone atau headset. Musik yang kita dengarkan menggunakan earphone atau headset akan terdengar jelas sehingga kita bisa sangat menikmati alunan musik tersebut. Tetapi apakah anda tahu bahwa mendengarkan musik dengan menggunakan earphone berdampak negatif bagi telinga dan otak kita?

Mari kita bahas bersama disini. Menurut penelitian menyebutkan bahwa dengan mendengarkan musik melalui earphone dalam jangka waktu lama dengan volume yang cukup keras, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan anda terutama pada bagian telinga dan otak. Namun terkadang masih banyak yang tidak tahu dan menyadari akan hal itu. Dengan artikel ini kami harap anda akan berfikir dua kali untuk menggunakan earphone.

Kebiasaan yang sering terjadi yaitu ketika tidur. Kebanyakan orang tidur sambil mendengarkan musik karena dianggap dengan mendengarkan musik maka tidur akan menjadi lebih nyeyak. Hal ini memang benar adanya, namun jika kebiasaan ini kita lakukan setiap hari akan berdampak buruk karena meski tubuh kita beristirahat namun telinga dan otak kita tetap bekerja merangsang dan mengolah informasi yang masuk.

Untuk mengetahui dampak apa saja yang dapat ditimbulkan dari penggunaan earphone? Berikut ini akan kami uraikan penjelasan singkatnya.

Dampak Buruk Mendengarkan Musik Menggunakan Earphone

1. Kerusakan Permanen Pada Telinga – Jika anda mendengarkan musik menggunakan earphone  terlalu keras maka jika hal ini sering terjadi lama kelamaan telinga tidak mampu menampung beban suara yang masuk ketelinga secara langsung sehingga hal ini dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada telinga, sulit mendengar dan biasanya ini terjadi pada usia-usia remaja.

2. Merusak Otak – Tentunya apa yang kita dengar sangat berpengaruh pada otak karena otak selalu mengolah apapun yang kita lihat, dengar dan rasakan. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari earphone atau headset dapat membuat fungsi kerja otak menjadi lambat. Walaupun sampai sekarang kita belum tahu seberapa besar efek yang ditimbulkan dari gelombang elektromagentik bagi otak, alangkah baiknya mulai saat ini kita menghindarinya sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Kehilangan Pendengaran – Didalam telinga terdapat gendang telinga yang mampu menerima apa yang kita dengar dan jika gendang telinga tersebut rusak akibat menggunakan earphone yang terlalu keras, maka hal terburuk adalah anda akan kehilangan pendengaran secara permanen. Untuk itu gunakanlah earphone atau headset sewajarnya saja. Jangan terlalu keras dan jangan pula terlalu lama.

4. Mengurangi Tingkat Konsentrasi – Ketika kita berkendara atau melakukan kegiatan lainnya dengan earphone yang tertancap ditelinga, maka kita akan kehilangan konsentrasi dan tidak bisa fokus dengan apa yang tengah dihadapinya saat itu. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika berkendara, sebaiknya jangan gunakan earphone sambil mengemudi karena hal ini juga dapat membahayakan keselamatan orang lain.

5. Merusak Lubang Telinga dan Telinga Cepat Kotor – Penggunaan earphone secara terus menerus akan membuat infeksi pada lubang telinga karena virus dan bakteri yang terdapat pada earphone. Selain itu juga telinga akan mudah cepat kotor.

Namun jika anda memang diharuskan untuk menggunakan earphone karena tuntutan pekerjaan atau alasan lainnya, agar tidak mempengari pendengaran anda sebaiknya gunakan volume tidak lebih dari 60%. Sebisa mungkin setiap 1 – 1,5jam lepas earphone tersebut karena telinga juga butuh istirahat seperti kita dan jangan gunakan earphone ketika keadaan sekitar tengah ramai karena hal ini akan membuat kita menambah volume earphone dan itu dapat merusak pendengaran.

Demikian sedikit informasi tentang dampak buruk mendengarkan musik menggunakan earphone yang dapat kami share kan untuk anda. Semoga informasi ini dapat menjadi acuan dan referensi anda untuk lebih berhati-hati dalam penggunaan earphone. Sekian dan Terimakasih.