Kamis, 19 Februari 2015

Cara Mengatasi Sariawan Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Sariawan Dengan Bahan Alami – Sariawan merupakan kondisi yang disebabkan karena kekurangan vitamin C dan seringkali mengganggu aktifitas kita terutama ketika kita makan. Biasanya jika kita terkena sariawan maka bibir akan terlihat pecah-pecah dan ini berlangsung cukup lama yaitu sekitar 4 hingga 10hari. Sariawan memang bukan penyakit berbahaya namun kerap menyebalkan terutama ketika kita makan makanan pedas atau asam maka pasti akan timbul rasa perih sehingga kita akan mengalami kesulitan makan.



Dalam istilah kedokteran, sariawan biasa dikenal dengan sebutan Stomatitis dimana terjadi peradangan pada bagian rongga mulit yang disebabkan karena makanan tertentu atau timbulnya jamur candida yang muncul akibat kita kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan mulut. Makan atau minum-minuman yang terlalu panas dapat mengakibatkan sariawan, untuk itu sebelum anda makan dan minum sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah makanan tersebut dalam kondisi panas atau tidak.

Sariawan dapat menyerang siapa saja dari usia muda /balita hingga orang dewasa, baik pria maupun wanita dan berdasarkan lokasi sariawan dapat timbul pada bagian-bagian tertentu seperti bibir bagian dalam, lidah, gusi dan langit-langit rongga mulut. Bentuk dari sariawan itu sendiri biasanya seperti bintik-bintik kecil namun dalam jumlah banyak dan berwarna putih kekuningan. Untuk mengatasi masalah sariawan, ada beberapa cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya salah satunya sebagai berikut :

Cara Mengarasi Sariawan Dengan Bahan Alami

1. Mengobati Sariawan Menggunakan Madu – Meskipun tidak diobati sariawan dapat sembuh dengan sendirinya namun dalam jangka waktu yang cukup lama. Agar tidak berlarut-larut untuk mengobati sariawan anda dapat menggunakan madu alami. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengoleskan madu ke bagian mulut yang terkena sariawan minimal 3x sehari. Madu akan membunuh virus-virus penyebab sariawan sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

2. Menggunakan Pasta Berbahan Garam dan Baking Soda – Garam mengandung banyak yodium yang bila mana terkena mulut yang sariawan akan terasa perih, namun jika dibubuhi dengan baking soda maka garam tersebut akan menjadi obat yang dapat mengatasi sariawan. Rasa perih yang muncul hanya sesaat dan selebihnya bibir akan terasa lebih lemas. Cara penggunaanya hampir sama dengan madu yaitu dengan mencampurkan garam dengan baking soda kemudian ditambahkan sedikit air agar terlihat seperti pasta kemudian oleskan pada mulut yang terkena sariawan selama kurang lebih 10menit sebelum dibasuh menggunakan air.

3. Konsumsi Yogurt – Yogurt banyak mengandung vitamin C yang bila mana kita konsumsi dapat mencegah kita dari sariawan dan penyakit lain yang disebabkan karena kekurangan vitamin C. Yogurt akan menjaga keseimbangan bakteri didalam mulut sehingga akan mempercepat proses penyembuhan.

4. Menggunakan Daun Kemangi Dan Kunyit – Seperti namanya, daun kemangi memiliki aroma yang wangi dimana jika dipadukan dengan kunyit maka dapat mengatasi masalah sariawan. Kunyah daun kemangi kurang lebih 4-5 lembar untuk meredakan rasa nyeri dan perih yang disebabkan sariawan. Setelah itu untuk mengulaskannya gunakan ramuan kunyit yang telah ditumbuk dan dicampuri satu sendok teh gliserin kemudian balutkan pada mulut yang terkena sariawan.

5. Menggunakan Tomat – Manfaat tomat selain menyehatkan mata ternyata juga dapat mengatasi sariawan. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung ataupun dalam bentuk juice dan agar sariawan cepat sembuh maka konsumsilah tomat secara rutin.

6. Konsumsi Buah-buahan – Sejatinya sariawan yang kerap timbul disebabkan karena kita kurang mengkonsumsi buah-buahan. Buah banyak mengandung vitamin C yang dapat mencegah kita terkena sariawan. Salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk, mangga, rambutan dll.

Selain mengobati kita juga harus mencegah sariawan dan untuk melakukan pencegahan tersebut sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa penyebab kita terkena sariawan. Berdasarkan ilmuan kesehatan menyebutkan bahwa stres dan merokok kerap menjadi penyebab timbulnya sariawan, untuk itu sebaiknya anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kita stres yang dapat memberikan faktor buruk pada mulut anda. Sekian dan Terimakasih.