Senin, 16 Februari 2015

Bahan Makanan Yang Dapat Meracuni Kesehatan Tubuh

Bahan Makanan Yang Dapat Meracuni Kesehatan Tubuh – Agar tubuh kita tetap sehat, kuat dan tidak rentan terhadap penyakit, sangat diperlukan asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Asupan gizi tersebut dapat berasal dari sayuran dan buah-buahan, bahkan makanan jenis tersebut kerap dipercaya dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit berbahaya misalnya Sayur Bayam yang dapat mencerdaskan otak anak dan membuat tubuh menjadi kuat seperti pada film kartun anak-anak popeye.

Namun dari kelebihan itu ternyata ada beberapa bahan manakan yang bilamana kita konsumsi akan berdampak buruk seperti keracunan. Keracunan makanan bisa terjadi karena beberapa faktor seperti terlalu banyak mengkonsumsinya sehingga berdampak buruk bagi kesehatan atau karena cara pengolahannya yang salah sehingga kuman atau bakteri yang terdapat pada bahan makanan tersebut meracuni tubuh kita. Keracunan makanan seperti ini memang terbilang tidak berbahanya atau paling hanya menimbulkan efek pusing, mual dan muntah-muntah.


Namun jika keracunan makanan karena terdapat bahan kimia didalamnya, maka akan menimbulkan dehidrasi akut yang dapat membahayakan keselamatan bahkan hingga kematian. Tentunya kita sangat menghindari hal tersebut dan untuk itu perlu dikenalkan makanan jenis apa saja yang berpotensi menimbulkan bahaya dan meracuni kesehatan tubuh kita? Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang berpotensi menimbulkan keracunan jika dikonsumsi secara berlebihan salah satunya yaitu :

5 Bahan Makanan Yang Dapat Meracuni Kesehatan Tubuh

Jengkol dan Petai Cina – Siapa yang tak mengenal jengkol? Makanan yang memiliki bau yang sangat menyengat ini ternyata banyak disukai masyarakat baik dari kalangan bawah maupun kalangan atas seperti artis. Tetapi perlu diketahui bahwa jika kita mengkonsumsi jengkol dan petai cina dapat meracuni kita. Efek yang ditimbulkan seperti mual dan susah buang air kecil karena jengkol memiliki kandungan asam. Agar lebih aman dikonsumsi sebaikna makanlah jengkol sewajarnya dan rendam dalam air terlebih dahulu sebelum dimakan.

Kentang – Kentang merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin A dan baik untuk kesehatan mata. Tetapi anda juga perlu berhati-hati saat mengkonsumi kentang, dan yang perlu diperhatikan adalah cara pengolahannya sebelum dikonsumsi. Kentang mengandung alkoloid (Solanin) yang dapat menjadi racun dan biasanya alkoloid ini terdapat pada kulit kentang yang berwarna hijau dan bertunas. Untuk menghindari agar tidak keracunan sebaiknya saat memasak kentang, kentang dikupas lebih tebal terlebih dahulu kemudian direndam menggunakan air garam agar racun, bakteri atau virus yang terdapat didalamnya bisa hilang.

Seafood – Seafood merupakan bahan pangan yang berasal dari laut seperti udang, ikan, cumi, kerang dll. Makanan ini memang terbilang makanan mahal dan sering disajikan di rumah makan besar atau di hotel-hotel ternama. Tetapi jika cara pengolahannya salah, maka seafood dapat meracuni kita. Mengapa demikian? Alasannya karena kita sendiri tidak tahu bagaimana kondisi dari seafood itu sendiri apakah sudah terkontaminasi dengan zat kimia beracun atau tidak. Pencemaran merkuri, timah, dan logam berat yang mungkin termakan oleh binatang laut dapat menjadi racun jika kita mengkonsumsinya.

Tomat – Kita tak pernah menyangka bahwa tomat memiliki kandungan zat yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Buah yang kita ketahui sangat baik untuk kesehatan mata ini ternyata mengandung zat pliko alkaloid yang dapat menyebabkan kegugupan dan gangguan perut. Untuk itu konsumsilah tomat sewajarnya dan jangan berlebihan.

Apel – Apel merupakan buah yang banyak mengandung vitamin A dan C. Tetapi selain itu, apel juga memiliki kandungan Cyanide / sianida. Kandungan tersebut terdapat pada biji buah apel dan meskipun tidak menyebabkan kematian, tetapi jika kita makan apel beserta biji-bijinya dapat menyebabkan komplikasi.

Sebelum mengkonsumsi makanan apapun itu hendaknya kita mencuci bersih terlebih dahulu agar bakteri atau jamur yang terdapat pada buah atau sayur tersebut terbawa oleh air dan konsumsilah sewajarnya. Makanan apapun yang dimakan secara berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan. Sekian dan Terimakasih.