Selasa, 17 Februari 2015

7 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Makanan Manis

Cara Mengatasi Kecanduan Makanan Manis – Siapa sih yang tak suka dengan makanan manis? Mengkonsumsi makanan manis memang menyenangkan karena lidah orang Indonesia memang kebanyakan suka makanan yang manis-manis. Namun makanan manis kerap dikaitkan dengan diabetes atau yang sering kita sebut dengan penyakit gula. Terkadang kita memang susah mengendalikan diri untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis namun jika kita tidak memperhatikan itu maka akan resiko penyakit diabetes akan mengintai anda sewaktu-waktu.


Tubuh kita hanya membutuhkan asupan gula sebanyak 5% dari kalori setiap harinya dan jika lebih dari itu maka hormon kita menjadi tidak seimbang. Selain diabetes, dengan kita sering kengkonsumsi makanan manis juga dapat menyebabkan masalah lain seperti gangguan pencernaan, obesitas, kehilangan napsu makan, sakit gigi dan gigi berlubang. Ini biasanya terjadi pada anak-anak yang orang tuanya kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsi anaknya.

Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah solusi yang dapat mengenali dan mengubah jenis makanan yang masuk kedalam tubuh kita. Mungkin membutuhkan waktu yang cukup untuk mengatasi masalah ini, namun ini merupakan sebuah keharusan karena menyangkut masalah kesehatan dan langkah awal yang perlu dilakukan yaitu merubah jenis makanan yang tadinya berglikemik tinggi menjadi lebih rendah dengan begitu maka asupan gula dapat dikurangi setiap harinya.

Namun jika ternyata kita mengalami kesulitan untuk mengatasi kecanduan makanan manis, berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan buruk anda tersebut salah satunya yaitu :

Cara Mengatasi Kecanduan Makanan Manis

Jangan Simpan Makanan Manis – Hal yang membuat kita kerap mengkonsumsi makanan manis yaitu karena adanya makanan manis tersebut dirumah. Agar anda tidak lagi mengkonsumsi makanan manis sebaiknya kurangi atau hilangkan sejenak makanan manis yang biasa kita konsumsi. Hal ini akan mengontrol keinginan kita mengkonsumsi makanan manis untuk digantikan dengan makanan jenis lainnya agar lebih seimbang.

Gunakan Pemanis Alami – Pemanis yang biasanya terkandung pada makanan adalah pemanis buatan dan jika anda masih mengalami kesulitan untuk menghindari makanan manis, anda dapat mengkonsumsi pemanis alami yang rendah kalori. Dengan begitu resiko penyakit diabetes dapat terhindarkan namun penggunaan pemanis alami juga tidak boleh secara berlebihan harus diimbangi dengan jenis makanan lainnya.

Kenali Bahaya Konsumsi Manis – Untuk mengatasi kecanduan makan manis langkah yang paling tepat adalah mengenali bahaya yang ditimbulkan jika kita sering mengkonsumsi makanan manis. Dengan begitu kita akan tahu resiko dan akan berusaha sedikit demi sedikit untuk menguranginya.

Buatlah Makanan Pengganti Permen – Bagi anak-anak yang suka makan permen atau coklat sebaiknya buat alternatif lain untuk menggantikan permen karena permen dibuat menggunakan pemanis buatan yang mana jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan berdampak pada masalah kesehatan. Selain itu juga kerap menjadi masalah pada kesehatan gigi seperti sakit gigi dan gigi berlubang. Cara menggantinya yaitu dengan membuat selai yang berbahan dasar buah-buahan.

Jangan Melewatkan Makan – Dengan makan teratur maka perut tidak akan merasa lapar sehingga dapat mengurangi makanan lain masuk kedalam perut seperti makanan manis.

Menyibukkan Diri Dengan Hal-hal Yang Bermanfaat – Ketika dalam diri kita timbul rasa ingin makan-makanan manis, sebaiknya anda buah aktifitas lain seperti olahraga, membaca atau bekerja agar kita lupa terhadap keinginan tersebut. Atau anda juga bisa coba untuk menggantinya dengan makanan jenis lain seperti makanan gurih yang asin.

Minum Jus Sayur dan Buah – Jus sayur dan buah memiliki kandungan gula alami yang baik untuk kesehatan. Jika anda ingin mengkonsumsi makanan manis sebaiknya gantilah dengan cara tersebut yaitu minum Jus Sayur atau konsumsi buah-buahan.

Ada beberapa alasan mengapa kita harus mengontrol dan mengurangi asupan gula, selain untuk mencegah diabetes, dengan tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis juga akan menghindarkan kita dari rasa gelisah dan masalah pada kulit seperti keriput dan penuaan dini.
Demikian beberapa ulasan kami mengenai cara mengatasi kecanduan makanan manis yang dapat anda ketahui. Semoga informasi ini dapat anda jadikan sebagai referensi. Sekian dan Terimakasih.