Sabtu, 28 Februari 2015

6 Manfaat Sayur Asparagus Yang Tak Banyak Diketahui

Manfaat Sayur Asparagus Yang Tak Banyak Diketahui – Mungkin sebelumnya anda belum pernah mendengar sayuran jenis ini. Asparagus merupakan salah satu jenis sayur yang tergolong dalam jenis tumbuah genus asparagus. Sejak jaman dahulu sayuran ini memang memiliki rasa yang sedap dan bersifat diuretik. Karena sifat diuretik yang dimilikinyalah membuat sayur ini bermanfaat dan kerap digunakan untuk memperlancar saluran urin dan memperbaiki kinerja ginjal.


Selain itu, sayuran ini juga sangat cocok dan direkomendasikan kepada wanita yang tengah hamil. Alasannya karena pada sayur asparagus terdapat kandungan asam folat yang dapat melindungi janin dari cacat fisik atau kelainan. Untuk itu kami sarankan kepada ibu-ibu yang tengah hamil untuk mengkonsumsi sayuran tersebut. Keberadaan sayur asparagus di Indonesia sendiri mungkin belum begitu populer karena belum banyak yang tahu akan kandungan dan manfaatnya.

Kami akan jelaskan apa saja kandungan yang dimiliki pada sayur jenis ini. Asparagus merupakan sayuran yang banyak mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh contohnya asparagus sebagai sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, selenuim, magnesium, seng, asam folat, zat besi, tembaga, mangan dll. Asparagus banyak terdapat dikepulauan Amerika Utara dan biasa masyarakat sekitar memanfaatkannya sebagai sajian sehat dan bernilai gizi tinggi.

Lalu apa saja sih manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi sayur asparagus ini? Baiklah, dibawah ini akan kami jelaskan secara rinci tentang manfaat sayur asparagus yang tak banyak diketahui.

Manfaat Sayur Asparagus Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung – Tak dapat dipungkiri bahwa menjaga kesehatan jantung merupakan hal terpenting dalam kehidupan. Salah satu cara yang biasa orang lakukan yaitu dengan menjaga pola makan. Makan-makanan yang bergizi seperti sayur asparagus ini dapat menjadi pilihan anda karena didalam sayur asparagus terdapat kandungan asam folat yang cukup penting untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

2. Meningkatkan Kesehatan Wanita – Sepertinya sayur asparagus ini memiliki khasiat dan manfaat tersendiri terutama bagi wanita. Asam folat yang tinggi baik untuk ibu hamil dan juga dapat meningkatkan kesuburan wanita. Selain itu ketika wanita mengalami menstruasi, sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayur asparagus karena sayur ini dapat meredakan nyeri dan emosi pasca menstruasi.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes – Asparagus merupakan sayuran yang rendah kalori, rendah gula dan mengandung insulin sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi pada orang yang menderita penyakit diabetes.

4. Sifat Anti-Tumor – Tak banyak yang mengetahui bahwa  ternyata asparagus memiliki kandungan fitonutrien atau yang dikenal saponin. Kandungan tersebut memiliki sifat anti-kanker dan anti-inflamasi. Dengan mengkonsumsi asparagus secara rutin anda juga akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti HIV, AIDS, penyakit alzheimer, anemia, diabetes dan gangguan jantung. Hal ini disebabkan karena asparagus mengandung senyawa antioksidan dan detoksifikasi.

5. Mencegah dan Mengobati Katarak – Selain wortel sayuran yang banyak mengandung vitamin A adalah Asparagus. Asparagus merupakan sumber vitamin A yang bagus untuk penglihatan mata. Didukung dengan adanya antioksidan yang akan melindungi retida dari kerusakan yang disebabkan akibat radikal bebas. Keberadaan asam amino pada sayur asparagus juga digadang-gadang dapat membantu mengurangi resiko terkena katarak dan rabun senja.

6. Melindungi Kesehatan Kulit – Nah, bagi wanita yang biasa memanjakan dirinya? Sayur Asparagus bisa menjadi alternatif anda untuk mengatasi masalah yang terjadi pada kulit seperti kusam dan terbakar sinar matahari. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena asparagus mengandung antioksidan yang bernama gluthione yang dapat mengatasi masalah pada kulit.

Cara menyajikan asparagus dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan cara ditumis atau dibuat sup semua tergantung selera anda masing-masing. Semoga dengan adanya informasi ini keberadaan sayur asparagus menjadi semakin diminati banyak orang. Sekian dan Terimakasih.