Selasa, 10 Juni 2014

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kita mungkin jarang diketahui khalayak umum karena memang minyak zaitun ini kurang populer dikalangan masyarakat. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai khasiat minyak zaitun tersebut, namun sebelumnyamari kita ketahui lebih dalam tentang bahan herbal yang satu ini. Minyak zaitun merupakan minyak yang dihasilkan oleh buah yang bernama "zaitun". Namun hanya buah yang sudah tua lah yang dapat di ekstrak dan diambil minyaknya. Dalam minyak ini terdapat berbagai kandungan diantaranya yakni vitamin, zat besi, sodium, potasium, dan masih banyak lagi. Tentu saja berbagai kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan apabila digunakan secara benar.


Sebenarnya minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, minyak ini dapat digunakan sebagai obat herbal, koesmetik kecantikan, bahan tambahan untuk memasak, dan masih banyak lagi. Nah sedangkan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kita yakni salah satunya untuk mencegah penyakit diabetes. Selain itu tentu masih banyak lagi manfaatnya, nah bagi anda yang belum pernah mengetahui manfaat minyak zaitun ini langsung saja simak informasinya dibawah ini.

1. Mengatasi nyeri
Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengatasi nyeri, bengkak, radang dan juga sebagai obat oles untuk luka lecet. Karena dalam bahan herbal ini terdapat kandungan oleokantal.

2. Melawan kanker
Minyak zaitun mengandung fenol yang bermanfaat untuk mencegah penyakit karena berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu kandungan tersebut juga dapat menghambat serta mencegah terjadinya kerusakan sel yang dapat memicu kanker.

3. Mencegah diabetes
Kadar gula yang terbilang cukup rendah dalam minyak zaitun tentu dapat mengurangi resiko terserang penyakit diabetes karena dalam minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal.

4. Menurunkan resiko penyakit jantung
Kandungan antioksidan nabati yang cukup tinggi dalam minyak zaitun membuat minyak ini mampu menurunkan resiko penyakit jantung. Anda dapat mulai dengan mengkonsumsi minyak zaitun 2 sendok makan setiap harinya.

5. Mencegah pikun
Lemak tak jenuh dalam minyak zaitun juga bermanfaat untuk menjaga struktur sel dan membran dalam otak sehingga mampu mencegah hilangnya ingatan alias pikun.

Itulah 5 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kita apabila dikonsumsi atau digunakan secara benar. Manfaat diatas hanyalah beberapa saja, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang akan anda dapatkan. Sekian informasi kali ini, semoga dapat menambah wawasan anda.