Kamis, 15 Januari 2015

Tips Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara menurunkan berat badan secara alami memang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, baik tanpa olahraga maupun dengan cara lainnya. Menurunkan berat badan kini sudah menjadi cara yang dilakukan hampir setiap orang, terutama mereka yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih. Hal tersebut dikarenakan kini banyak sekali makanan berlemak dan jenis lainnya yang dapat menambah berat badan secara drastis. Selain itu gaya hidup yang kurang sehat juga menjadi faktor pemicu timbulnya obesitas. Nah cara menurunkan berat badan pun kini juga semakin beragam, mulai dari yang alami maupun menggunakan obat. Tentu saja secara pribadi saya menyarankan anda untuk menurunkan berat badan secara alami saja, karena selain efektif cara tersebut juga lebih aman ketimbang mengkonsumsi obat berbahan kimia.

Kegemukan pada umumnya disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya yakni karena faktor keturunan, pola makan yang kurang baik, kurangnya aktifitas fisik, dan lain sebagainya. Mungkin bagi sebagian orang berat badan berlebih bukanlah sebuah masalah besar, namun ternyata tidak sedikit orang yang merasa dirugikan akibat berat badan berlebih. Salah satu kerugian yang akan anda dapatkan yakni menyangkut masalah kesehatan tubuh anda. Sekilas jika dilihat memang orang gemuk terlihat sehat, tetapi sebenarnya banyak sekali penyakit yang akan dideritanya. Beberapa penyakit yang dapat dipicu karena obesitas yakni seperti serangan jantung, diabetes tipe 2, asma, dan penyakit mematikan lainnya.

Nah cara menurunkan berat badan sebenarnya tidaklah sulit, ada beberapa cara alami yang dapat anda coba. Namun meskipun terbilang cukup mudah bukan berarti hasilnya instan, karena ini merupakan cara alami, bukan menggunakan obat maupun sedot lemak. Jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan sangat saya sarankan mempunyai tekad yang kuat dan kesabaran terlebih dulu. Baiklah langsung saja berikut ini beberapa tips kesehatan tentang cara menurunkan berat badan dengan cepat yang dapat anda coba.

1. Kurangi minuman bersoda
Bagi anda yang suka mengkonsumsi minuman bersoda setiap harinya, mulai sekarang kurangi atau tinggalkan minuman jenis ini. Pasalnya dalam minuman bersoda setidaknya terkandung 250 kalori yang berasal dari gula. Cukup sepele namun jika step pertama ini anda padukan dengan beberapa cara lainnya pasti akan memberikan hasil yang maksimal.
2. Olahraga
Jelas sekali, olahraga merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat. Jika anda tidak punya waktu untuk pergi ke gym, anda dapat melakukan olahraga sendiri dirumah. Salah satu olahraga yang patut anda lakukan yakni lari ditempat maupun jogging. Namun apabila ingin mendapatkan hasil cepat sebaiknya lakukan secara rutin.
3. Kurangi konsumsi junk food atau makanan instan
Junk food atau makanan instan sekarang semakin banyak dan digemari, apalagi bagi yang tidak mau repot memasak. Namun justru makanan jenis inilah yang membuat berat badan anda jadi tidak terkendali. Nah untuk menurunkan berat badan anda mulailah untuk mengurangi junk food.
4. Kurangi porsi makan
Salah satu faktor penting penyebab kegemukan yakni karena pola makan yang terlalu berlebihan, apalagi makanan tersebut kurang sehat dan mengandung lemak. Jadi mulailah untuk mengurangi porsi makan anda setiap harinya agar proses menurunkan berat badan semakin cepat.
5. Buah dan sayur
Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan mulailah mengurangi cemilan dan ganti dengan buah dan juga sayuran. Pasalnya dalam buah dan sayur terdapat kandungan serat yang lebih baik bagi pencernaan dan kesehatan anda. Karena kandungan serat dalam makanan ini dapat mengikat lemak dan membuangnya bersama kotoran.
6. Minum sebelum makan
Mungkin cara ini sangat sepele, namun sebenarnya sangatlah membantu, terutama bagi anda yang selalu mempunyai nafsu makan berlebih. Saat anda mengkonsumsi air minum sebelum makan maka perut anda nantinya akan merasa kenyang dan nafsu makan pun jadi berkurang.
7. Kurangi konsumsi makanan yang digoreng
Dalam makanan yang digoreng terdapat kandungan lemak trans yang dapat memicu penimbunan lemak berlebih, selain itu kolesterol jahat juga dapat meningkat. Jadi mulailah mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, sebagai penggantinya anda dapat mengkonsumsi makanan yang direbus, dipepes, atau lainnya.
Itulah beberapa cara menurunkan berat badan secara alami tanpa harus menggunakan obat dan sedot lemak. Tentu cara tersebut lebih aman dan efektif apabila dilakukan secara rutin. Demikian tips kesehatan yang dapat saya berikan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.