Jumat, 23 Januari 2015

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut

Cara menghilangkan ketombe pada rambut sebenarnya dapat dilakukan secara alami dan dengan cepat, namun sayangnya tidak banyak orang mengetahui cara tersebut. Untuk itu kali ini saya akan memberikan beberapa tipa menghilangkan ketombe secara alami. Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang banyak dialami, baik wanita maupun pria. Nah sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghilangkan ketombe perlu anda ketahui terlebih dulu sebenarnya ketombe bukanlah sebuah kotoran yang menempel pada rambut, melainkan sel kulit kepala kita yang mengelupas dan menumpuk pada rambut sehingga tampak seperti kotoran. Adapun penyebabnya yakni berbagai macam, salah satunya karena paparan sinar matahari yang terlalu lama. Sehingga menyebabkan kulit kepala kering dan mengelupas.

Saat ini banyak sekali orang memakai cara instan untuk menghilangkan ketombe, salah satunya yakni dengan menggunakan shampo yang katanya anti ketombe. Padahal jika digunakan secara menerus shampo tidaklah baik bagi kesehatan kulit kepala dan rambut anda. Hal tersebut tentu dikarenakan dalam shampo terdapat berbagai kandungan bahan kimia. Beberapa bahan kimia berbahaya yang ada pada shampo yakni Sodium Lauryl, Dietanolamina, Parabens, Formaldehyde. Namun meskipun demikian bukan berarti shampo tidak boleh digunakan, hanya saja saya menyarankan jangan terlalu sering.

Bicara mengenai cara menghilangkan ketombe secara alami sebenarnya sangatlah mudah. Ada beberapa bahan alami yang memang berkhasiat untuk merawat kesehatan rambut dan pastinya menghilangkan ketombe. Salah satu bahan alami tersebut yakni lidah buaya, dalam lidah buaya terdapat berbagai vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Tak heran sekarang banyak produk perawatan rambut yang menggunakan bahan alami tersebut. Baiklah langsung saja berikut ini beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang patut untuk anda coba.

1. Minyak almon
Caranya yakni balurkan minyak almon secukupnya pada kulit kepala sambil lakukan pemijatan perlahan. Setelah itu bungkus rambut anda menggunakan handuk yang sudah dicelupkan kedalam air hangat. Tunggu beberapa saat kemudian bersihkan rambut anda.
2. Lidah buaya
Caranya yakni haluskan daging lidah buaya secukupnya kemudian balurkan pada kulit kepala anda, biarkan selama 15 menit lalu bersihkan kulit kepala serta rambut dengan keramas menggunakan shampo.
3. Minyak zaitun
Caranya yakni balurkan minyak zaitun pada kulit kepala sambil dilakukan pemijatan secara perlahan. Kemudian diamkan selama 30 menit dan bersihkan rambut anda dengan keramas menggunakan shampo.
4.Jeruk nipis dna santan
Caranya yakni campurkan 100ml air perasan jeruk nipis dengan santan sebanyak 100ml juga. Setelah tercampur rata kemudian balurkan pada kulit kepala sambil dilakukan pemijatan. Diamkan selama 30 menit dan bersihkan rambut anda dengan keramas seperti biasa.
5. Garam
Caranya yakni balurkan garam secara merata pada kulit kepala dan rambut yang sudah dibasahi sebelumnya. Setelah itu gosok-gosok garam tersebut agar larut dan langkah terakhir yakni keramas menggunakan shampo seperti biasa.
6. Jeruk nipis
Caranya yakni siapkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis, kemudian balurkan pada kulit kepala sambil dilakukan pemijatan. Nah langkah terakhir yakni bersihkan rambut menggunakan air.
Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok

Silahkan mempraktekan salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami yang sudah saya berikan diatas. Dengan cara tersebut anda tidak harus menggunakan shampo secara menerus, sehingga akan lebih sehat bagi rambut anda. Kalau tips kali ini bermanfaat jangan sampai lupa share lewat jejaring sosial ya, hehe.