Sabtu, 27 Desember 2014

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami merupakan cara yang saya rekomendasikan meskipun sekarang banyak obat radang tenggorokan yang di jual di apotek. Disaat pergantian musim seperti sekarang ini sakit tenggorokan sudah mulai banyak di derita, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Radang tenggorokan sendiri disebut dengan Faringtis dan merupakan penyakit yang terjadi pada hulu tenggorokan. Seperti halnya penyakit lainnya, radang tenggorokan dapat timbul juga dikarenakan oleh berbagai faktor. Bakteri merupakan salah satu faktor penyebab kita terserang radang tenggorokan. Namun selain itu masih banyak lagi, antara lain yakni karena virus dan daya tahan tubuh kita yang lemah. Bagi anda yang tidak ingin ribet mengobati radang tenggorokan, anda dapat mencoba beberapa cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang akan saya share kali ini.

Untuk mengobati sakit tenggorokan atau radang tenggorokan kita dapat menggunakan berbagai bahan alami berkhasiat. Tentu saja bahan alami ini merupakan obat terbaik, karena selain efektif juga bebas dari yang namanya efek samping bagi kesehatan anda. Adapun bahan alami tersebut yakni seperti madu, bawang putih, garam, dan masih banyak lagi. Namun meskipun terbilang mudah, cara tersebut bukanlah cara instan, sehingga anda harus menerapkan cara alami ini sampai sembuh. Baiklah langsung saja berikut ini beberapa cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang patut untuk anda coba.

1. Minuman pereda radang tenggorokan
Untuk meredakan dan mengobati radang tenggorokan anda dapat mencoba mengkonsumsi beberapa minuman yang berkhasiat, beberapa diantaranya yakni seperti teh hangat, campuran madu dan air hangat, kopi. Beberapa minuman tersebut ternyata dapat membersihkan bakteri jahat yang ada dalam tenggorokan kita. Selain mudah tentunya cara tersebut juga enak, jadi silahkan coba ya.
2. Sup ayam
Sup ayam mempunyai kaldu, dimana kaldu tersebut terdapat kandungan sodium dan natrium yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang terjadi dalam tenggorokan kita. Sehingga jika anda mengkonsumsi sup ayam secara rutin saat menderita radang tenggorokan, proses penyembuhannya akan semakin cepat. Selain itu sup ayam juga mempunyai tekstur yang terbilang lembut, sehingga sangat mudah untuk ditelan tanpa menimbulkan rasa sakit yang berlebih.
3. Berkumur dengan air garam
Air garam ternyata cukup efektif dalam mengobati radang tenggorokan, jadi tidak ada salahnya untuk anda coba. Caranya yakni masukkan garam 1/2 sendok makan kedalam segelas air hangat, setelah itu gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur pada tenggorokan anda.
4. Madu
Campuran madu dengan air hangat ternyata merupakan ramuan alami yang berkhasiat untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya yakni anda cukup mencampurkan madu secukupnya kedalam air hangat, setelah itu tinggal diminum. Khasiat madu yang satu ini juga sudah banyak dipakai dalam produk minuman pereda panas dalam.
5. Bawang putih
Dalam bawang putih terdapat kandungan allicin, dimana kandungan tersebut bermanfaat untuk membunuh bakteri, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan yang anda derita. Caranya yakni cukup dengan mengkonsumsi bawang putih yang masih mentah, tentu saja rasanya sangat tidak enak, namun khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi.
Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi

Itulah beberapa cara mengobati radang tenggorokan secara alami tanpa obat yang patut anda coba. Tentu saja cara tersebut lebih aman ketimbang anda harus mengkonsumsi obat berbahan kimia yang memberikan efek samping. Namun ingat, seperti yang sudah saya bilang diatas bahwa cara alami ini bukan merupakan cara instan, jadi jangan hanya melakukan satu kali pengobatan saja melainkan terapkan salah satu cara diatas secara rutin dan kalau perlu sampai sembuh. Sekian tips kesehatan kali ini, semoga bermanfaat dan semoga anda lekas sembuh.