Sabtu, 03 Januari 2015

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Tradisional

Cara mengobati asam urat secara alami kini semakin banyak diminati karena sudah memberikan bukti nyata dan cara mengobati asam urat tersebut cukup efektif. Penyakit yang satu ini sekarang sudah bisa dibilang penyakit umum yang hampir diderita, khususnya oleh orang yang berusia 30 tahun keatas. Dalam istilah medis, penyakit asam urat disebut dengan Gout. Sama seperti penyakit pada umumnya, asam urat juga disebabkan karena adanya faktor pemicu, yakni konsumsi zat purin yang berlebihan. Dimana zat purin tersebut akan diolah oleh tubuh kita menjadi asam urat. Perlu anda ketahui, sebenarnya asam urat tidak berbahaya, tetapi apabila kada asam urat dalam tubuh kita sudah melampaui batas normal maka organ ginjal dalam tubuh tidak akan mampu mengeluarkannya, sehingga menyebabkan terbentuknya kristal asam urat yang kemudian menumpuk dibagian persendian. Inilah yang menyebabkan penderita akan merasakan nyeri ketika terserang penyakit asam urat.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengobati asam urat secara alami mari kita bahas seputar zat purin penyebab asam urat terlebih dulu. Tahukah anda, zat purin merupakan zat yang terdapat hampir disetiap makanan yang berasal dari makhluk hidup. Tentu saja makanan tersebut yakni seperti buah, daging, dan sayuran. Nah zat purin yang berlebihan dari sisa makanan yang kita konsumsi setiap hari inilah yang akan memicu timbulnya penyakit asam urat jika tidak mampu dikeluarkan oleh organ ginjal kita.

Beberapa gejala penyakit asam urat yakni seperti timbulnya rasa kesemutan, sendi terasa nyeri, biasanya ini terjadi pada pagi dan malam hari. Adapun bagian tubuh yang mengalami nyeri yakni pada daerah jari kaki, tumit, tangat, siku, dan pergelangan tangan, selain itu lutut juga bisa terasa nyeri.

Makanan yang dilarang bagi penderita asam urat :
  • Ekstrak daging seperti dedeng dan abon
  • Jeroan : limpa, hati, ginjal, otak, paru, dan usus
  • Daging sapi, daging kuda, dan juga daging kambing
  • Seafood : kerang, udang, kepiting, ikan teri, cumi-cumi, dll
  • Kacang-kacangan :kacang ijo, emping, kacang tanah, melinjo, dll
Cara mengobati asam urat sendiri sebenarnya dapat dilakukan secara alami dengan mudah. Kita dapat menggunakan berbagai bahan herbal berkhasiat yang dapat ditemukan disekitar kita, selain efektif cara ini juga aman bagi kesehatan karena bebas dari efek smaping. Baiklah langsung saja berikut ini beberapa obat asam urat alami yang dapat anda buat sendiri di rumah.
1. Ramuan 1
Bahan-bahan :
200 g ubi jalar merah
10 butir merica
5 butir cengkeh
15 g jahe merah
1 buah biji pala
1 ruas jari kayu manis
5 butir kapolaga
dan gula merah secukupnya

Cara membuat ramuan :
Rebus semua bahan tersebut kedalam 1 ½ L air, kemudian tunggu hingga mendidih dan sisakan tinggal ½ L air saja. Konsumsi air rebusan tersebut maksimal 2 kali sehari.
2. Ramuan 2
Bahan-bahan :
sambiloto kering 10 gram
rimpang temulawak kering 10 gram
komfrey 5 – 10 gram
buah lada 1 gram
5 gelas air

Cara membuat ramuan :
Rebus semua bahan tersebut kedalam 5 gelas air hingga mendidih dan sisakan tinggal 3 gelas saja. Konsumsi sisa air rebusan tersebut sehari 1 gelas sebelum atau 2 jam setelah makan.
3. Pare
Cara membuat obat alami dari pare yakni rebus potongan pare yang sudah dicuci dan dibuang isinya kedalam 2 gelas air sampai mendidih dan tunggu sampai air rebusan tersisa tinggal 1 gelas saja. Kemudian konsumsi air rebusan tersebut 1 kali saja dalam sehari.
4. Daun salam
Cara membuatnya yakni siapkan 10 lembar daun salam kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan sisakan tinggal 1 gelas saja. Setelah itu konsumsi air rebusan tersebut 2 kali sehari.

Itulah beberapa cara mengobati asam urat secara alami yang dapat anda coba sendiri dirumah. Bagi anda yang tidak mengetahui saah satu dari bahan alami tersebut, anda dapat mencari informasinya di internet. Dengan obat herbal atau ramuan alami diatas tentunya anda tidak perlu harus mengkonsumsi obat yang mengandung bahan kimia, sehingga akan lebih baik untuk kesehatan anda. Demikian tips pengobatan alami tentang cara mengobati asam urat kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda.